[SALAH] Video “Akibat perang Rusia – Ukraina mengakibatkan krisis pangan & ekonomi melanda Negara Eropa.”

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan video yang menunjukkan dampak krisis pangan dan krisis ekonomi yang disebabkan oleh perang Rusia dan Ukraina. Faktanya, video tersebut telah beredar sejak tahun 2020 lalu, sebelum perang Rusia dan Ukraina dimulai pada tahun 2022.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/SiZ1k

= = = = =

NARASI:

“Akibat perang Rusia – Ukraina mengakibatkan krisis pangan & ekonomi melanda Negara Eropa.
Lalu siapa yg harus bertanggung jawab ?
Bersyukurlah Druunnn Negara ini aman dr krisis pangan & ekonomi.”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “tukangrosok___” mengunggah sebuah video yang menunjukkan segerombolan orang tengah mengumpulkan makanan dari tong sampah. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa video tersebut menunjukkan dampak krisis pangan dan krisis ekonomi di negara-negara Eropa akibat perang antara Rusia dan Ukraina.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video yang menunjukkan dampak krisis pangan dan krisis ekonomi yang disebabkan oleh perang Rusia dan Ukraina. Faktanya, video tersebut telah beredar sejak tahun 2020 lalu, sebelum perang Rusia dan Ukraina dimulai pada tahun 2022. Video serupa pernah diunggah oleh akun Instagram “algeria_queens” pada 11 Juli 2020 dan akun Instagram “shobhe_shenasi” pada 13 Agustus 2021.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “tukangrosok___” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CCf4ad0n0EF/

https://www.instagram.com/p/CSfH8W4Fpnt/

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian