[SALAH] Bill Gates Menyiapkan Miliaran Vaksin Cacar Monyet

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah, faktanya Bill & Melinda Gates Foundation membantah klaim tersebut. Video yang menampilkan Bill Gates sedang mengunjungi gudang vaksin cacar monyet, sebenarnya merupakan Gudang HOPE Consortium yang digunakan untuk menyimpan vaksin Covid-19 di Abu Dhabi.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: TikTok

https://bit.ly/3bbTGE2

= = =
Narasi:
“”Jgn risau B.G dah stand by brbillion dose vax monkeyfox… “

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video di TikTok menunjukkan Bill Gates sedang mengunjungi gudang vaksin Cacar Monyet, narasi dalam video tersebut menyebutkan bahwa Bill Gates telah menyiapkan miliaran vaksin Cacar Monyet, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya video yang menunjukkan Bill Gates sedang mengunjungi gudang tersebut merupakan gudang penyimpanan Vaksin Covid-19, tempat tersebut bernama Gudang HOPE Consortium yang berada di Abu Dhabi tersebut dikunjungi Bill Gates pada Mei 2022. Selain itu, dilansir dari AFP Bill & Melinda Gates Foundation membantah klaim tersebut.

Dengan demikian klaim Bill Gates Menyiapkan Miliaran Vaksin Cacar Monyet merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =
Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32BZ92C

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/dN6XZRPk-cek-fakta-beredar-video-bill-gates-menyiapkan-miliaran-vaksin-cacar-monyet-begini-faktanya

= = =
Editor: Dedy Helsyanto