[SALAH] Foto “Masjid Meledak di kota Narayanganj, Bangladesh saat sholat Sebanyak 120 Jamaah Meninggal Dunia”

BUKAN di Narayanganj, Bangladesh dan TIDAK ADA korban jiwa di kebakaran Kubah Masjid Agung Luwu yang berada di Pusat Kota Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan yang terjadi pada 29 Januari 2019 di foto tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Beredar artikel berjudul “Innalillahi Wa Inna Illaihi Rojiun, Tepat hari ini Masjid Meledak Saat sholat Sebanyak 120 Jamaah Meninggal Dunia, Semoga Husnul Khotimah Aminn” yang terbit di situs clikberita[dot]xyz pada 31 Mei 2022. Artikel ini juga memuat sebuah foto masjid yang tampak terbakar di bagian kubahnya. Di paragraf kedua artikel tersebut, tertulis: “Sebuah masjid di kota Narayanganj, Bangladesh, meledak di waktu sholat berjamaah pada hari ini kira kira pukul 11,45 wib”

Sumber: archive.ph/PHsdz (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang memperlihatkan sebuah masjid yang terbakar kubahnya yang diklaim menyebabkan 120 jamaah meninggal dunia merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan Narayanganj, Bangladesh dan tidak ada korban jiwa di kebakaran Kubah Masjid Agung Luwu yang berada di Pusat Kota Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan yang terjadi pada 29 Januari 2019 di foto tersebut.

Foto yang identik dimuat di artikel berjudul “VIDEO dan Foto-Foto Masjid Agung Luwu Belopa Terbakar, Petugas Damkar Kewalahan Padamkan Api” yang dimuat di situs koranseruya.com pad 29 Januari 2019.

Dilansir dari Kumparan, Sumarli, warga yang berada di lokasi kejadian, membenarkan bahwa Masjid Agung Belopa masih dalam tahap renovasi. “Iya, masih tahap renovasi sebenarnya. Jadi, kejadiannya itu ada pekerja sedang melakukan las di bangunan masjid, tiba-tiba percikan api keluar dan terjadi kebakaran,” kata Sumarli.

Empat pemadam kebakaran dikerahkan. Dalam kurun waktu satu jam, api dapat dipadamkan. Akan tetapi, kebakaran ini terlanjur menghanguskan beberapa bagian masjid, terutama pada bagian kubah utama yang terbakar. Dilansir dari CNN Indonesia, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Terkait kebakaran masjid di Bangladesh, klaim ini pernah dibahas di Turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Foto “Masjid Meledak Saat Waktu Sholat Jumat, Sebanyak 50 Jamaah Meninggal Dunia””. Dalam artikel tersebut menjelaskan bahwa sedikitnya 50 orang mengalami luka bakar akibat ledakan AC saat salat di sebuah masjid di Narayanganj, September 2020. Ledakan itu terjadi sekitar jam 9 malam pada hari Jumat di sebuah masjid di lingkungan wilayah Fatullah Sadar. Menurut polisi setempat, ledakan terjadi saat salat Isya akan berakhir.

Beberapa korban telah dibawa ke Institut Nasional Luka Bakar dan Bedah Plastik Sheikh Hasina di Dhaka. Koordinator institut, Dr Samanta Lal Sen mengatakan kepada Dhaka Tribune bahwa 38 korban telah dirawat.

REFERENSI
https://koranseruya.com/video-dan-foto-foto-masjid-agung-luwu-belopa-terbakar-petugas-damkar-kewalahan-padamkan-api.html
https://kumparan.com/makassar-indeks/penyebab-terbakarnya-kubah-masjid-agung-belopa-di-luwu-1548751125365075231
https://www.cnnindonesia.com/tv/20190129190820-409-364849/kubah-masjid-agung-luwu-belopa-terbakar
https://turnbackhoax.id/2021/07/19/salah-foto-masjid-meledak-saat-waktu-sholat-jumat-sebanyak-50-jamaah-meninggal-dunia/

About Adi Syafitrah 1346 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo