[SALAH] Foto Wajah Semut di Bawah Mikroskop Elektron

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, foto cuitan tersebut ditangkap oleh fotografer Indonesia bernama Abdul Latif menggunakan kamera Canon EOS M3 dengan lensa EF-M 55-200 dan penambahan lensa Raynox DCR-250 pada Januari 2018.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====
Sumber: Twitter
https://archive.ph/ncwrn

====

Narasi:
“This ant face under an electron microscope is an entire mood.”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Weird Science (@weird_sci) mengunggah cuitan berupa foto wajah semut di bawah mikroskop elektron. Cuitan yang diunggah pada 26 Mei 2022 mendapat atensi berupa 399 suka dan 77 retweet.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto cuitan tersebut adalah hasil tangkapan fotografer Indonesia bernama Abdul Latif pada Januari 2018. Kepada AFP Fact Check, Abdul menjelaskan bahwa foto itu ia ambil menggunakan kamera Canon EOS M3 dengan lensa EF-M 55-200 dan penambahan lensa Raynox DCR-250 di ujungnya untuk mendapatkan jarak fokus maksimal ke subjek. Teknik fotografi yang dipakai ia sebut dengan fotografi makro.

“Semut memiliki panjang sekitar 10-15 mm dan ukuran kepala sekitar 2-3 mm. Saya menggunakan teknik susun untuk mendapatkan depth of field yang cukup lebar, sehingga detailnya lebih terlihat. Foto ini adalah fotografi makro,” jelas Abdul.

Foto yang ia sebut dengan “black ant” sebelumnya pernah diunggahnya di laman Instagram pribadinya (@nanangptk) pada 22 Januari 2018. Namun, foto tersebut ia sudah hapus.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter Weird Science (@weird_sci) dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

====

Referensi:

https://factcheck.afp.com/macro-photograph-ant-taken-stacked-lenses

https://perma.cc/8R7Q-D87G

Editor: Dedy Helsyanto