[SALAH] Foto “Truck SPBU tepat H4ri ini, 2 Balita T3was 28 lainnya T3rbakar saat Isi Bensin”

TIDAK ADA korban jiwa pada peristiwa kebakaran di foto yang terjadi di sebuah SPBU di Jambi pada bulan Januari 2022.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Beredar artikel berjudul “innalillahi wa inna illaihi rojiun Truck SPBU tepat H4ri ini 2 Balita T3was 28 lainnya T3rbakar saat Isi Bensin, Semoga Husnul khotimah Amin..” yang terbit di situs tribungosip[dot]xyz pada 4 Juni 2022. Artikel juga memuat foto yang memperlihatkan kebakaran sebuah truk tangki Pertamina.

Sumber: archive.ph/XyL2p (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang memperlihatkan kebakaran di sebuah sebuah truk tangki Pertamina dengan klaim bahwa dua balita meninggal dunia dan 28 orang lainnya terbakar merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya tidak ada korban jiwa pada peristiwa kebakaran di foto yang terjadi di sebuah SPBU di Jambi pada bulan Januari 2022.

Foto yang identik dimuat di artikel berjudul “Mobil Tangki Pertamina Tabrak Kios Minyak di Sungai Misang Bangko: Warga Dengar Suara Ledakan” yang terbit di situs pariwarajambi.com┬ápada 17 Januari 2022. Dilansir dari artikel ini, deretan kios minyak depan SPBU Sungai Misang Bangko, hangus dilalap si jago merah, Senin, 17 Januari 2022). Kebakaran ini terjadi setelah mobil tangki Pertamina menabrak kios minyak yang berada tepat di depan SPBU tersebut.

Selain itu, dilansir dari Antara, kios pertama yang ditabrak mobil pengangkut BBM itu adalah kios milik Juanda (45) yang kemudian terbakar dan langsung menyambar ke empat kios yang lain. Pengemudi mobil tangki pengangkut BBM itu bernama Erwin Agung. Atas kejadian ini pemilik kios mengalami luka luka dan dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis. Dua orang mengalami luka bakar, yang lainnya luka ringan dan kasusnya sedang ditangani Polres Merangin.

REFERENSI
https://www.pariwarajambi.com/2022/01/mobil-tangki-pertamina-tabrak-kios-minyak-di-sungai-misang-bangko-warga-dengar-suara-ledakan.html
https://jambi.antaranews.com/berita/487449/truk-tanki-bbm-tabrak-lima-kios-hingga-terbakar-di-merangin

About Adi 1395 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo