[SALAH] Akun WhatsApp Wali Kota Malang Sutiaji “083870256204”

hasil periksa fakta Rahmah a n (UIN sunan ampel Surabaya).

Akun palsu. Pemkot Malang mengklarifikasi melalui akun Instagram @pemkotmalang bahwa nomor WhatsApp tersebut bukan milik Wali Kota Malang, Sutiaji.

Selengkapnya di penjelasan.

====
Kategori: Konten Tiruan

====
Sumber: WhatsApp

====
Narasi:
“Perkenalkan saya dengan Bpk. Bpk. H. Sutiaji selaku wali kota malang untuk menyalurkan dana donasi kepada TPQ al-muhajirin dgn kegiatan pundi amal Pemkot Malang”
“Apakah TPQ AL muhajirin sudah d buatkan nomer rekening lembaga”
“Blm pak”
“Begini bpk.
Dana donasi bisa d salurkan melalui rekening lembaga atau bank BPD dan bank jatim”

====
Penjelasan:
Beredar akun WhatsApp mengatasnamakan Wali Kota Malang Sutiaji. Akun WhatsApp tersebut menggunakan foto profil Wali Kota Malang Sutiaji memakai peci hitam dengan nomor WhatsApp “083870256204” dan mengirimkan pesan dengan tujuan menyalurkan donasi ke TPQ.

Pemkot Malang mengklarifikasi melalui akun Instagram resminya @pemkotmalang bahwa nomor WhatsApp yang beredar bukan milik Wali Kota Malang, Sutiaji. Dalam caption Instagram dijelaskan info yang disampaikan dalam pesan WhatsApp adalah tidak benar dan mengimbau warga Malang untuk berhati-hati terhadap modus penipuan, “Nomor tersebut bukan milik Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji. Dan info yang disampaikan adalah hoaks/tidak benar adanya. Sehingga kepada nawak warga Kota Malang, diimbau berhati-hati dan waspada terhadap modus penipuan. Jika ada keraguan, silakan konfirmasi ke Pemkot Malang”.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka akun WhatsApp Wali Kota Malang Sutiaji “083870256204” dapat dikategorikan ke dalam konten tiruan.

=====
https://www.sinergianews.com/read/28800/modus-akun-whastapp-menggunakan-nama-wali-kota-malang-drs-h-sutiaji-ini-faktanya

https://www.instagram.com/p/Cc97nT8pTBO/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D