[SALAH] Akun Whatsapp Kasatres Polresta Sidoarjo Oscar Stefanus Setja “+6282175438282”

hasil periksa fakta Rahmah a n (UIN sunan ampel Surabaya).

Akun palsu. Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Oscar Stefanus Setja menegaskan bahwa akun yang beredar adalah palsu.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

===
KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

===
SUMBER: WhatsApp

===
NARASI:
“Musim apa d desa”
“Ni no sy pak kasat Reskrim polres sidoarjo”
“P”
“Waalaikumsalam wr wb ngge siap pak ndan”

===

PENJELASAN:
Beredar akun Whatsapp mengatasnamakan Kasatres Polresta Sidoarjo Oscar Stefanus Setja dengan nomor “+6282175438282”. Pada deskripsi akun Whatsapp tertulis “Dir Tipikoor Polda Jatim”. Foto profil akun tersebut menggunakan foto dari Kabag Penum Divisi Humas Polri Gatot Repli Handoko. Akun tersebut meminta nomor beberapa pejabat Pemkab Sidoarjo dan anggota DPRD kepada Mustohid, salah satu wartawan TV swasta Sidoarjo yang dihubunginya.

Dari penelusuran diketahui akun tersebut palsu. Dilansir dari memorandum.co.id bahwa akun yang beredar bukan milik Kasatres Polresta Sidoarjo Oscar Stefanus Setja. Apalagi foto profil yang digunakan bukan foto dari Kasatreskim Polresta Sidoarjo. Kasi Humas Polresta Sidoarjo Ipda Tri Novi Handono membenarkan adanya hal tersebut dan meminta masyarakat untuk berhati-hati.

“Indikasinya penipuan dengan menggunakan akun WA palsu. Saat ini memang belum ada laporan pihak yang dirugikan. Namun kami mengimbau agar masyarakat berhati-hati,” pesan Ipda Tri Novi Handono.

Dari penelusuran di atas, akun Whatsapp Kasatres Polresta Sidoarjo Oscar Stefanus Setja “+6282175438282” masuk kategori Konten Tiruan atau Imposter Content.

REFERENSI:
http://memorandum.co.id/awas-beredar-akun-wa-palsu-mengatasnamakan-kasatreskrim-polresta-sidoarjo/

https://daerah.sindonews.com/read/719003/704/awas-beredar-akun-wa-palsu-catut-kasatreskrim-polresta-sidoarjo-1647835398