[SALAH] Foto Kakek Tua Menggendong Kucing Menjadi Korban Serangan Rusia di Ukraina

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah, faktanya foto tersebut merupakan foto yang sudah lama tersebar dan merupakan seorang kakek dengan kucingnya di lokasi kebakaran di Turki pada tahun 2018.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Facebook
https://archive.ph/cIlit

= = =
Narasi:
“UKRAINE – Mar. 2022 – This – this photo of an elderly man walking with a cane, his little terrified cat in his weak hands, speaks volumes and elicits such sadness in my soul. How will he find safety will kitty hang on? Tears.. Ukraine, Mar. 2022”
Terjemahan:
“UKRAINA – Mar. 2022 – Ini – foto seorang lelaki tua berjalan dengan tongkat, kucing kecilnya yang ketakutan di tangannya yang lemah, berbicara banyak dan menimbulkan kesedihan dalam jiwaku. Bagaimana dia akan menemukan keamanan, akankah dia bertahan? Air mata.. Ukraina, Mar. 2022”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah foto di Facebook yang menunjukkan seorang kakek tua memegang kucingnya, melalui narasi pada foto tersebut diklaim merupakan korban dari serangan Rusia di Ukraina pada Maret 2022. Foto dengan klaim tersebut dibagikan di internet sejak 11 Maret 2022.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, foto tersebut merupakan foto lama yang sudah tersebar di internet sejak 2018, kejadian asli yang dialami kakek tua dengan kucingnya tersebut merupakan kebakaran di rumahnya, Turki, pada tahun 2018 dan tidak ada kaitannya dengan konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.

Dengan demikian klaim Foto kakek tua menggendong kucing menjadi korban serangan Rusia di Ukraina merupakan informasi yang keliru dan termasuk ke dalam kategori konteks yang salah.

= = =
Referensi:
https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32674RT
https://checkyourfact.com/2022/03/11/fact-check-elderly-man-evacuation-ukraine-photo/

= = =
Editor: Bentang Febrylian