[SALAH] 2.500 Ton Minyak Goreng Tumpah Ke Laut di wilayah Kariangau, Kecamatan Balikpapan Barat, Kalimantan Timur

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani. Informasi tersebut salah. Faktanya, Dirkrimsus Polda Kaltim, Kombes Indra menyatakan bahwa setelah anggotanya melakukan pengecekan ke lokasi peristiwa tumpahnya minyak goreng tersebut, cairan kuning keemasan yang dikatakan sebagai minyak goreng itupun bukanlah minyak goreng, tetapi merupakan minyak inti sawit.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konteks yang Salah

===

Sumber: Tik Tok
archive.ph/3Ff65

===

Narasi:
“Terbaiki, 2.500 Ton seharga ±37 Milyar.. Dokumen tidak akan cair tanpa tanda tangan saya.. Jika minyak 2.500 Ton ini ku bagikan kepada rakyat, maka akan mengurangi bebab mereka, aku akan di tangkap, rakyat akan mengingatku, tapi akan melupakan”.

===

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah video yang memperlihatkan tentang peristiwa tumpahnya 2.500 ton cairan kuning keemasan yang dikatakan sebagai minyak goreng ke laut.

Namun melansir dari detik.com, Dirkrimsus Polda Kaltim, Kombes Indra menyatakan bahwa setelah anggotanya melakukan pengecekan ke lokasi tumpahnya minyak goreng sebagaimana yang dijelaskan dalam video, faktanya cairan kuning keemasan yang dikatakan sebagai minyak goreng tersebut bukanlah minyak goreng, tetapi merupakan minyak inti sawit.

Jaya Budiansyah yang merupakan penanggung jawab PT Kutai Refenery Nusantara menjelaskan bahwa penyebab tumpahan CPKO atau minyak inti sawit itu dikarenakan adanya kerobekan pada selang vacum akibat gesekan dengan bagian pinggir deck kapal. Sehingga minyak tersebut luber di atas deck kapal. Ia juga menambahkan bahwa minyak inti sawit yang tumpah ke laut itu pun hanya kurang-lebih 50 liter, bukanlah 2.500 ton.

Selain itu, melansir dari antaranews.com, pemilik akun TikTok yang mengunggah video tersebut juga melakukan klarifikasi bahwa video yang ia buat terkait dengan peristiwa yang diklaim sebagai peristiwa tumpahnya minyak goreng ke laut sebanyak 2.500 ton itu ialah hoax dan ia menyatakan bahwa tidak ada maksud lain dalam pembuatan video tersebut selain iseng-iseng saja.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait dengan 2.500 ton minyak goreng tumpah ke laut
ialah informasi salah dan masuk ke dalam konteks yang salah.

Referensi:
https://www.antaranews.com/berita/2775697/hoaks-video-2500-ton-minyak-goreng-tumpah-di-laut
https://news.detik.com/berita/d-5994186/polisi-pastikan-video-viral-2500-ton-minyak-goreng-tumpah-ke-laut-hoax

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian