[SALAH] Video Demonstrasi Warga Moskow Menolak Invasi Rusia ke Ukraina

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Tidak ada hubungannya dengan konflik Ukraina-Rusia. Demonstrasi warga Moskow tersebut dalam rangka memprotes penangkapan aktivis anti korupsi dari Rusia bernama Alexei Navalny. Video yang sama persis beredar di internet sejak Januari 2021.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====

SUMBER: Twitter

https://archive.ph/W5c7e

=====

NARASI:

Yes, this is Moscow. Like and retweet that. #Ukraine #Russia #UkraineRussiaWar

=====

PENJELASAN:

Beredar postingan di Twitter oleh akun bernama @AfricaUnitNow yang memposting sebuah postingan disertai video demonstrasi di tengah kota. Postinganya diberi keterangan bahwa demonstrasi tersebut terjadi di Kota Moskow, Rusia dalam rangka memprotes invasi Rusia ke Ukraina.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, klaim tersebut adalah tidak benar. Pencarian video asli menggunakan google reverse image ditemukan video aslinya sudah beredar sejak Januari tahun 2021. Adapun konteks demonstrasi dalam video adalah terkait dengan penangkapan Alexei Navalny, aktivis anti korupsi dan oposisi pemerintah berkebangsaan Rusia.

Dalam sebuah akun Twitter yang sudah terverifikasi bernama @KevinRothrock, mengupload video yang sama persis pada 23 Januari 2021, tweet-nya diberi keterangan “A view of Navalny‚Äôs protest crowd in Moscow” (terjemahan: Pemandangan keramaian protes Navalny di Moskow).

Seorang jurnalis dari BBC, Shayan Sardarizadeh memposting tweet di akun resminya @Shayan86, mengatakan bahwa kejadian dalam video adalah protes warga Moskow atas penangkapan Alexei Navalny dan videonya sudah beredar sejak Januari tahun 2021.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim @AfricaUnitNow adalah tidak benar dan termasuk kategori Konteks yang Salah.

=====

REFERENSI:
https://www.indiatoday.in/fact-check/story/russia-ukraine-conflict-fact-check-scenes-from-protest-alexei-navalny-arrest-shared-as-moscow-anti-war-demonstration-1921933-2022-03-08


https://mobile.twitter.com/KevinRothrock/status/1352954648546729984

https://mobile.twitter.com/Shayan86/status/1500102541748670475

=====

Penulis: Ani Nur MR

Editor: Bentang Febrylian