[SALAH] St. Louis Arch Menyalakan Lampu Biru dan Kuning Sebagai Bentuk Dukungan kepada Ukraina

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi yang salah. Foto St. Louis Arch yang menyala dengan bendera Ukraina merupakan hasil rekayasa, dan bangunan tersebut tidak pernah menyala dengan lampu biru dan kuning.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Facebook
https://web.archive.org/web/20220314083232/https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2022/03/St.-Louis-Arch.pdf

=====

Narasi:
(Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia):

“St. Louis Arch dinyalakan sebagai bentuk solidaritas untuk Ukraina”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook Michael McNiff mengunggah foto lengkungan St. Louis atau St. Louis Arch yang terlihat menyala dengan warna biru dan kuning, seperti bendera Ukraina. Foto tersebut diklaim sebagai bentuk dukungan dan solidaritas untuk Ukraina.

Unggahan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 18,000 kali dan disukai oleh 1,000 orang. Terdapat 300 orang yang juga memberikan komentar.

Berdasarkan hasil penelurusan, foto tersebut merupakan hasil rekayasa. Pengguna Facebook bernama Sammie Jones yang mengaku tinggal di dekat St. Louis Arch menyatakan bahwa ia tidak pernah melihat bangunan tersebut menyala. Pernyataan Sammie Jones didukung oleh banyak pengguna Facebook lain yang juga berbicara di kolom komentar.

Komentar Sammie Jones berbunyi sebagai berikut:
“I live in Saint Louis and our Arch has never lit up. This is fake, probably photoshopped”.

Terlebih lagi, portal berita FOX2 News mengunggah artikel dengan judul “Why Gateway Arch in St. Louis won’t be lit up to support Ukraine” yang mengindikasikan bahwa St. Louis Arch belum pernah dan memang tidak akan menyalakan lampu bendera Ukraina.

Informasi serupa juga pernah dibahas oleh USA Today dengan judul “Fact check: Altered image falsely claims to show St. Louis Arch lit up with colors of Ukrainian flag” dan mengkategorikannya sebagai Altered.

Dengan demikian, foto yang diunggah oleh Michael McNiff merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.facebook.com/photo?fbid=10223985204490415&set=a.10206671714983998


https://fox2now.com/news/why-gateway-arch-in-st-louis-wont-be-lit-up-to-support-ukraine/?fbclid=IwAR02Wwa4hk_nEaOeaNdz-H8wIhALvtMao1HOuD8jWUjvq65toShdBxGXSLc


https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/03/13/fact-check-st-louis-arch-ukrainian-colors-altered/9452694002/