[SALAH] “Minyak ASRI seakan akan Islami, padahal minyak goreng produk LEONG HUP ini terbuat dari minyak babi”

Selain BUKAN produk dari LEONG HUP, minyak goreng dengan merk ASRI ini telah terdaftar lembaga halal Malaysia. Produk tersebut merupakan keluaran Syarikat Asri Vegetable Oil Products Sdn Bhd.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Beredar pesan di aplikasi percakapan Whatsapp dengan narasi sebagai berikut:

“klo di lihat memang bagus terkesima dg nama “ASRI” seakan akan Islami, padahal minyak goreng ini terbuat dari minyak babi…produksi LEONG HUP produk baru yg di beri nama “”ASRI” dr malaka…adalah china terkaya yg punya peternakan BABI terbesar di Malaka…oleh karena itu tlg sebarkan / viralkan ke semua saudara” muslim di seluruh nusantara”

Sumber: Whatsapp (Arsip: bit.ly/3KDW82n)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya minyak goreng produk Leong Hup dengan merk Asri merupakan minyak yang terbuat dari minyak babi merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, selain bukan produk dari LEONG HUP, minyak goreng dengan merk ASRI ini telah terdaftar lembaga halal Malaysia. Produk tersebut merupakan keluaran Syarikat Asri Vegetable Oil Products Sdn Bhd.

Klaim ini merupakan hoaks lama yang beredar kembali. Sebelumnya sudah pernah diperiksa faktanya di artikel berjudul [SALAH] “minyak goreng ASRI produksi LEONG HUP terbuat dari minyak babi” dan [SALAH] Minyak Goreng ASRI di Produksi oleh Leong Hup Terbuat dari Minyak Babi yang terbit di situs turnbackhoax.id

Dilansir dari kedua artikel ini, minyak goreng ASRI ini terdaftar di situs halal.gov.my dengan produk MINYAK MASAK RBD PALM OLEIN dan merk ASRI, CAP 235.

Selain itu, Leong Hup juga terdaftar dalam situs portal halal Malaysia dan diketahui tidak memproduksi minyak goreng dari minyak babi ataupun memiliki peternakan babi terbesar di Malaka. Perusahaan tersebut berpusat di Malaysia yang memiliki peternakan ayam serta menjual produk olahan ayam dengan beberapa nama merk seperti Sunny Gold.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2020/02/14/salah-minyak-goreng-asri-produksi-leong-hup-terbuat-dari-minyak-babi/
https://turnbackhoax.id/2020/10/27/salah-minyak-goreng-asri-di-produksi-oleh-leong-hup-terbuat-dari-minyak-babi/
https://www.halal.gov.my/v4/directory/slm_viewdetail.php?comp_code=COMP-20050526-100039&type=C&ty=CO
https://www.halal.gov.my/v4/directory/slm_viewdetail.php?comp_code=COMP-20171214-094438&type=C&ty=CO

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo