[SALAH] Minyak Goreng ASRI di Produksi oleh Leong Hup Terbuat dari Minyak Babi

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Klaim tersebut tidak benar, minyak goreng ASRI yang disebutkan termasuk dalam daftar halal pemerintah Malaysia yang diproduksi oleh perusahaan ASRI Vegetable Oil Products SDN. BHD. Leong Hup sendiri adalah perusahaan yang menjual bahan olahan ayam dan berpusat di Malaysia dengan beberapa merek produk seperti Sunny Gold.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Whatsapp

= = = = =

NARASI:

“klo di lihat memang bagus terkesima dg nama “ASRI” seakan akan Islami, padahal minyak goreng ini terbuat dari minyak babi…produksi LEONG HUP produk baru yg di beri nama “”ASRI” dr malaka…adalah china terkaya yg punya peternakan BABI terbesar di Malaka…oleh karena itu tlg sebarkan / viralkan ke semua saudara” muslim di seluruh nusantara”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar pesan berantai pada media sosial Whatsapp yang berisikan klaim bahwa minyak goreng ASRI produksi oleh Leong Hup terbuat dari minyak babi serta Leong Hup memiliki peternakan babi terbesar di Malaka.

Berdasarkan penelusuran pada website resmi halal Malaysia www.halal.gov.my, minyak goreng ASRI memiliki sertifikat halal dan diproduksi oleh perusahaan Asri Vegetable Oil Products bukan Leong Hup. Perusahaan Leong Hup juga terdaftar dalam website portal halal Malaysia dan diketahui tidak memproduksi minyak goreng dari minyak babi ataupun memiliki peternakan babi terbesar di Malaka. Perusahaan tersebut berpusat di Malaysia yang memiliki peternakan ayam serta menjual produk olahan ayam dengan beberapa nama merk seperti Sunny Gold.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim minyak goreng ASRI produksi Leong Hup mengandung minyak babi yang memiliki peternakan babi terbesar di Malaka adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://turnbackhoax.id/2020/02/14/salah-minyak-goreng-asri-produksi-leong-hup-terbuat-dari-minyak-babi/
https://www.facebook.com/HabHalalJakim/posts/1500323340126934
http://www.halal.gov.my/v4/directory/slm_viewdetail.php?comp_code=COMP-20050526-100039&type=C&ty=CO
http://www.halal.gov.my/v4/directory/slm_viewdetail.php?comp_code=COMP-20171214-094438&type=C&ty=CO
https://www.leonghupinternational.com