[SALAH]: Banjir Air Mata Tentara Ukraina Peluk Pasangan Sebelum Berangkat Perang

Bukan kejadian saat ini terkait krisis Rusia dan Ukraina. Video tersebut merupakan cuplikan dari film dokumenter berjudul The War of Chimeras yang dirilis pada tahun 2017.
======

[KATEGORI]: KONTEKS YANG SALAH

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/rC9Vv)

======

[NARASI]:

“Banjir Air Mata

😭

Tentara Ukraina Peluk Pasangan Sebelum Berangkat Perang

🔥
‼️
😱

#1MNews#RussiaUkraine

======

[PENJELASAN]:

Akun Facebook bernama 1Motivasi mengunggah sebuah video yang menunjukkan beberapa tentara sedang memeluk pasangannya dan diklaim merupakan momen saat tentara Ukraina berpamitan dengan pasangannya untuk pergi berperang dengan Rusia.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut nyatanya merupakan cuplikan adegan film dokumenter berjudul “The War of Chimeras” karya Anastasia Starozhytska dan Maria Starozhytska yang memang dibuat di Ukraina pada tahun 2017.

Film itu mengisahkan tentang perang, cinta dan kematian yang didokumentasikan menjadi film dokumenter. Cuplikan identik bisa dilihat pada kanal youtube Geomovies yang mengunggah trailer dari film tersebut pada tahun 2018 silam, jauh sebelum invasi militer Rusia ke Ukraina yang terjadi pada Februari 2022.

Sejak meletusnya perang antara Ukraina dengan Rusia, ada banyak video yang bertebaran di media sosial termasuk tampilan perpisahan, baik dengan pasangan maupun keluarga.

======

REFERENSI:

https://www.reuters.com/article/factcheck-ukraine-soldiers-idUSL2N2V62T5
https://www.imdb.com/title/tt6702956/