[SALAH]: Menteri Pekerjaan Umum Mongolia Membakar Diri

Bukan Menteri Pekerjaan Umum Mongolia. Pria dalam video tersebut merupakan pemimpin serikat pekerja di Mongolia. Dia membakar diri sebagai bentuk protes kebijakan industri pertambangan batu bara di negaranya.

======

[KATEGORI]: KONTEKS YANG SALAH

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/6atyV)

======

[NARASI]:

“Menteri Pekerjaan Umum di Mongolia berjanji untuk membangun 100.000 unit rumah utk pr buruh berpenghasilan rendah dlm setahun. Dia mengatakan *”jika dia gagal dia akan membakar dirinya sendiri”*
Pada akhir tahun ia hanya bisa membangun 70.000 unit, kmudian dia mengadakan konferensi pers dan langsung membakar dirinya sendiri krn janjinya tidak bisa di penuhi 100%
Bgmn di negeri +62… yg doyan janji2 ngibul

⁉️

======

[PENJELASAN]:

Akun Facebook bernama Auliah Mahfudz mengunggah video yang menunjukkan seseorang yang membakar dirinya saat tengah mengadakan konferensi media dan terlihat orang-orang disekitarnya berusaha memadamkan api di tubuh pria itu. Akun itu mengklaim bahwa pria yang mebakar dirinya tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum Mongolia karena telah mengingkari janji untuk membangun 100 ribu unit rumah bagi para buruh berpenghasilan rendah.

Berdasarkan hasil penelusuran, pada video tersebut terdapat logo situs berita Mail Online. Nyatanya video itu memang pernah diunggah Mail Online pada 16 November 2015 namun konteksnya telah dipelintir si pengunggah ulang video tersebut. Adapun aksi itu tidak dilakukan dan tidak berkaitan dengan menteri pekerjaan umum Mongolia.

Dalam unggahannya, Mail Online memberitakan bahwa orang dalam video tersebut merupakan seorang pemimpin serikat pekerja di Mongolia. Dia membakar diri di tengah konferensi pers, sebagai bentuk protes atas usulan penjualan industri pertambangan batu bara Mongolia ke China.

“Pemerintah tidak lagi mendukung perusahaan kami, keluarga para pekerja dipaksa kelaparan, inilah mengapa saya akan membakar diri saya untuk rakyat Mongolia dan anak-anak kami,” ujar pemimpin serikat pekerja Mongolia itu sesaat sebelum membakar diri.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/03/10/151500882/-hoaks-video-menteri-mongolia-membakar-diri-sendiri?page=2

https://www.dailymail.co.uk/news/article-3320342/A-heated-press-conference-horrifying-moment-Mongolian-union-boss-sets-FIRE-protest.html