[SALAH] Video “Lagi macet Di Rampok pakai pistol/senjata api di pasar ikan Penjaringan Jakarta Utara”

BUKAN perampokan, melainkan penangkapan terduga pelaku narkoba yang dilakukan oleh anggota Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat. Namun akhirnya pengemudi mobil tersebut dibebaskan karena ternyata tidak ada sangkut pautnya dengan jaringan narkoba.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook Ipong Hembing Putra (fb.com/100074701020102) pada 7 Maret 2022 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemudi mobil disergap sejumlah orang bersenjata api dengan narasi sebagai berikut:

“Lagi macet Di Rampok pakai pistol/senjata api di pasar ikan Penjaringan Jakarta Utara”

Sumber: perma.cc/6X65-C7G5 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang memperlihatkan seorang pengemudi mobil disergap sejumlah orang bersenjata api yang diklaim sebagai perampokan dengan senjata api di tengah kemacetan di Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara merupakan klaim yang salah.

Faktanya bukan perampokan, melainkan penangkapan terduga pelaku narkoba yang dilakukan oleh anggota Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat. Namun akhirnya pengemudi mobil tersebut dibebaskan karena ternyata tidak ada sangkut pautnya dengan jaringan narkoba.

Dilansir dari Detikcom, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan meluruskan informasi yang beredar di media sosial tersebut. Zulpan mengatakan peristiwa tersebut bukan perampokan, melainkan penangkapan pelaku narkoba. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (5/3/2022) sekitar pukul 15.20 WIB di Jl Gedong Panjang, Penjaringan, Jakarta Utara.

Namun pada akhirnya, penumpang dan pengemudi mobil ternyata tidak ada sangkut pautnya dengan jaringan narkoba. Berdasarkan hasil penyelidikan, mereka bukan target yang dimaksud.

“Begitu dilakukan pemeriksaan dan pendalaman orang-orangnya bersih semua tidak terlibat. (Akhirnya) dibebaskan,” kata Zulpan kepada wartawan di Jakarta Utara, Rabu (9/3/2022).

Zulpan menerangkan, terjadi kesalahpahaman antara polisi dengan pengendara mobil itu berawal dari adanya petunjuk berupa alat komunikasi atau ponsel yang digunakan oleh pengendara.

“Polisi memiliki petunjuk sebenarnya. Petunjuknya apa? Bahwa alat komunikasi yang digunakan oleh mereka di dalam mobil itu sempat ter-record oleh kita itu memiliki kaitan dengan tindak pidana narkotika,” ujar dia.

Zulpan menyebut, pengendara mobil telah memberikan penjelasan. Pengakuannya, ponsel itu baru saja dibeli di kawasan Tamansari, Jakbar. Terkait kejadian itu, Zulpan memastikan pengendara tidak terlibat dengan target yang dikejar kepolisian. Sementara target yang dimaksud masih dalam perburuan.

REFERENSI
https://news.detik.com/berita/d-5972767/viral-perampokan-berpistol-di-jakut-faktanya-penangkapan-terkait-narkoba
https://www.liputan6.com/news/read/4906926/viral-penggerebekan-narkoba-di-penjaringan-jakarta-utara-ternyata-salah-tangkap

About Adi 1384 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo