[SALAH] Video “Jet tempur Siluman NATO versus Rudal Rusia”

Video itu merupakan potongan adegan film Behind Enemy Lines (2001) yang menceritakan pesawat F/A-18F Super Hornet milik NATO yang jatuh ditembak oleh militer Serbia di Bosnia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Twist Video (fb.com/twisthewist) pada 9 Maret 2022 mengunggah sebuah video yang memperlihat pesawat jet tempur yang jatuh karena ditembak dengan rudal dengan narasi sebagai berikut:

“Jet tempur Siluman N4to vs Rudal Rus1a”

Di video tersebut terdapat narasi: “DETIK-DETIK PESAWAT CANGGIH NATO DITEMBAK JATUH”, “RUDAL RUSIA VS JET TEMPUR CANGGIH NATO”

Sumber: perma.cc/8XQR-C55K (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai pesawat jet tempur milik NATO yang jatuh karena ditembak dengan rudal oleh Rusia merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, video itu merupakan potongan adegan film Behind Enemy Lines (2001) yang menceritakan pesawat F/A-18F Super Hornet milik NATO yang jatuh ditembak oleh militer Serbia di Bosnia.

Video yang identik, salah satunya diunggah oleh kanal Youtube panos aero pada 19 Februari 2017 dengan judul “Behind Enemy Lines GTAM vs F18”. Berdasarkan penelusuran dengan menggunakan judul video ini, ditemukan sinopsis film Behind Enemy Lines yang diterbitkan di situs bacaterus.com sebagai berikut:

“Chris Burnett (Owen Wilson) adalah seorang pilot yang ditugaskan untuk melakukan misi pengintaian udara selama Perang Bosnia. Burnett yang berniat mengundurkan diri dari militer melakukan tugas terakhirnya dari komandannya, Admiral Reigart (Gene Hackman). Burnett dan Stackhouse (Gabriel Macht) akhirnya menerbangkan pesawatnya, tapi penerbangan mulus ini justru berakhir mengerikan.

Burnett yang membujuk Stackhouse menerbangkan F/A-18F Super Hornet keluar dari jalur dan tidak sengaja memotret militer Serbia yang mengubur mayat. Ternyata mayat tersebut adalah mayat dari masyarakat muslim Bosnia yang dieksekusi dan di kubur masal disana. Mendengar suara pesawat melintas di atasnya, para tentara tersebut melaporkan hal ini pada atasannya.

Jenderal Miroslav Lokar (Olek Krupa) yang memimpin, langsung memerintahkan menembak jatuh pesawat tersebut. Burnett dan Stackhouse jatuh dan menyelamatkan diri dengan kursi lontar mereka. Keduanya jatuh di tempat yang berbeda, Stackhouse yang terluka, ditemukan dan langsung di eksekusi oleh Sasha (Vladimir Mashkov). Sementara Burnett yang mengawasi dari jauh tidak sengaja berteriak lalu melarikan diri dari sana.”

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=cA5eartth80
https://bacaterus.com/review-behind-enemy-lines/

About Adi 1379 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo