[SALAH] Video “#worldwar3 #tni #indonesia #russia #ruski #ukr #ukraine”

TIDAK TERKAIT dengan kondisi Ukraina saat ini (2022). FAKTA: video yang dibagikan berisi obrolan radio antara pemimpin Chechnya dengan Kolonel Ivan Savin, juga dikenal sebagai “Alik” seperti yang disebutkan dalam obrolan, dari The Battle of Grozny pada tahun 1994.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI .

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: TikTok, https://archive.ph/hKjf8 (arsip cadangan).

NARASI : “#worldwar3 #tni #indonesia #russia #ruski #ukr #ukraine”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video yang berisi obrolan radio antara pemimpin Chechnya dengan Kolonel Ivan Savin, juga dikenal sebagai “Alik” seperti yang disebutkan dalam obrolan, dari The Battle of Grozny pada tahun 1994 dengan informasi kontekstual palsu, yang telah menyebabkan kesimpulan SALAH.

Verifikasi Video

Video dengan konteks yang benar, “Saint” pada 9 Juli 2012: “Alik. Mari kita mungkin entah bagaimana, sebelum terlambat, ajak teman-teman, Alik. Jangan lakukan itu. Jangan lakukan itu. Tidak dibutuhkan. Bagaimanapun, Alik, mengerti, dan kamu akan binasa dan aku akan binasa. Apa gunanya ini? Pahami sendiri. Siapa yang akan mendapat manfaat dari ini? Kami tidak akan mendapatkan keuntungan dari ini, Anda mengerti? Jika kami … saya melihat Anda dalam pertempuran, Anda mengerti, yah, Anda luar biasa — tidak luar biasa, saya tidak akan mengampuni Anda, sama seperti Anda saya, Anda mengerti? Sebaiknya kau datang padaku sebagai tamu, Alik. Bawa mereka pergi, jangan, jangan… Kasihan ibu mereka, kasihanilah mereka. Bawa mereka pergi, Alik, beri perintah. (Dalam foto: Shamil Basayev, komandan detasemen pejuang Chechnya, selama penyitaan sebuah rumah sakit di Budyonnovsk, 19 Juni 1995)” [2]

Video dengan terjemahan bahasa Inggris, “DirtyWar202 Joker” pada 7 Januari 2017 di YouTube: “Brigade Senapan Motor Maikop ke-131 Di Grozny” [3]

Referensi Terkait Lainnya

The New York Times: “Orang-orang Chechen mengambil posisi di gedung-gedung depot di belakang stasiun kereta api, kantor pos di sebelah kanan dan gedung lima lantai di seberangnya. Melalui radio mereka meminta Rusia untuk menyerah, memperingatkan mereka bahwa mereka dikepung, tetapi Rusia menjawab bahwa mereka mendapat perintah dan tidak mau. Ryabtsev sedang berdiri di bawah lengkungan rel kereta api ketika peluru merobek seragamnya. Saat itu sore hari, masih berkelahi, dia ingat. Itu dimulai perlahan, dengan tembakan penembak jitu dan senapan mesin berderak dari gedung-gedung di dekatnya. Ketika Rusia menjawab dengan senjata besar yang dipasang di kendaraan lapis baja mereka, orang-orang Chechen meledakkan mereka dari samping dengan granat berpeluncur roket.” [4]

PopularMilitary pada 15 Februari 2017: “Pada tahun 1994, Angkatan Darat Rusia menginvasi ibukota Chechnya, Grozny, pada bulan-bulan awal yang kemudian dikenal sebagai Perang Chechnya Pertama. Pertempuran antara pemerintah Rusia dan separatis di Chechnya, perang menyebabkan kehancuran yang mengerikan dari kehidupan dan harta benda. Pada jam-jam pembukaan yang akan menjadi Pertempuran Grozny yang pertama, para komandan Brigade Senapan Motor Maikop ke-131 (yang terdiri dari dua batalyon yang kuat) dielu-elukan oleh seorang komandan militan Chechnya, yang memohon kepada Rusia untuk memikirkan kembali dorongan mereka ke kota. dengan tank, pengangkut personel lapis baja dan infanteri.” [5]

Diskusi Reddit pada 15 Desember 2013: “Saya menemukan video youtube tentang perang Chechnya: http://www.youtube.com/watch?v=kz9o9wpn6fw (peringatan: adegan perang – mungkin mengganggu bagi sebagian orang). Video dimulai dengan percakapan radio antara dua orang, dan terjemahan yang diberikan dalam komentar berbunyi sebagai berikut:…” [6] (video TIDAK dapat diakses lagi).

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] youtube.com: “Alik, take the guys” (ekstensi Chrome Google Terjemahan), https://bit.ly/3pLWL1V (arsip cadangan) / https://bit.ly/3tD2RD1 & https://archive.ph/q9GhC (tautan dan arsip cadangan dalam bahasa asli, Rusia).

[3] youtube.com, https://bit.ly/3MtVgiH / https://archive.ph/Gdzey (arsip cadangan).

[4] nwtimes.com: “Chechnya Calamity in the Caucasus”, https://nyti.ms/34nQYbt / https://archive.ph/EOWhw (arsip cadangan).

[5] popularmilitary.com: “Pesan radio yang mengerikan: Komandan separatis Chechnya memohon Brigade Rusia untuk melarikan diri sebelum memusnahkan mereka”, https://bit.ly/3tCC21M / https://archive.ph/4t19Y (arsip cadangan).

[6] reddit.com: “Bantu menyalin/menerjemahkan Audio dari video musik tentang Perang Chechnya”, https://bit.ly/3vNynAF / https://archive.ph/i8Utl (arsip cadangan).