[SALAH] Foto Tangkapan Layar Akun Twitter @BPJSKesehatanRI Yang Mengatakan Ukraina Wajib Gabung BPJS Kesehatan Apabila Ingin Dibantu Indonesia

Hasil Periksa Fakta Ari Dwi Prasetyo.

Faktanya, tidak ada cuitan semacam itu di akun Twitter @BPJSKesehatanRI pada tanggal 28 Februari 2022. Tangkapan layar tersebut merupakan hasil manipulasi dari cuitan @BPJSKesehatanRI yang tidak terkait sama sekali dengan perang Ukraina.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Satire

====

Sumber: Facebook
https://archive.vn/0l1o4

====

Narasi :
“Gimana Neh!!??”
Narasi dalam foto:
“@ukraina jika ingin mendapatkan bantuan dari Indonesia, saratnya wajib terdaftar sebagai anggota BPJS KESEHATAN.
Terimakasih”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Astra Bintang Perdana mengunggah cuitan Twitter @BPJSKesehatanRI yang menuliskan bahwa Indonesia akan membantu Ukraina apabila Ukraina terdaftar sebagai anggota BPJS kesehatan.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ditemukan cuitan seperti itu di akun Twitter @BPJSKesehatanRI. Hasil tangkapan layar tersebut merupakan hasil manipulasi dari cuitan @BPJSKesehatanRI yang diunggah pada tanggal 28 Februari 2020 pada jam 13.54 WIB.

“@RiantikaSheni Salam Sehat Sahabat. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Interaksi dilanjutkan melalui DM, mohon berkenan menunggu ya. Terimakasih. 🙂 -na” cuit akun Twitter @BPJSKesehatanRI yang kemudian dimanipulasi untuk dijadikan informasi palsu.

Dengan demikian, foto unggahan akun Facebook Astra Bintang Perdana merupakan informasi tidak benar dan dikategorikan sebagai Satire.

====

Referensi:
https://twitter.com/BPJSKesehatanRI/status/1498189861341200387