[SALAH] Foto “Amazing scenes here in Abergavenny this morning.”

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Bukan foto pemandangan Abergavenny di pagi hari. Foto tersebut adalah ombak besar yang menghantam Pantai Sennen, Cornwall, Inggris saat badai di bulan Februari 2014.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.st/archive/2022/2/twitter.com/e3gw/twitter.com/TufferB/status/1494586072730382349/photo/1.html

====

Narasi:
“Amazing scenes here in Abergavenny this morning.”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Tuffer (@TufferB) mengunggah cuitan berupa foto pemandangan di Abergavenny pagi ini pada 18 Februari 2022. Cuitan tersebut mendapat atensi berupa 22,3 ribu suka dan 2.539 suka.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto cuitan tersebut bukan pemandangan Abergavenny. Konteks sebenarnya dari foto itu adalah semburan ombak besar menghantam Pantai Sennen, Cornwall, Inggris saat badai di bulan Februari 2014. Foto itu terdapat pada artikel situs Cornwall Guide berjudul “Sennen Storm – Splash of the Year!” terbit yang dipublikasikan tanggal 3 Februari 2014. Selain itu, Getty Images pernah menerbitkan foto serupa dengan judul “Fresh Storms Hit The South West Coast Of The UK” dan keterangan sebagai berikut.

“SENNEN, UNITED KINGDOM – FEBRUARY 08: Storm waves break at Sennen on February 8, 2014 in Cornwall, England. The UK is bracing itself for more storms and spells of rain over the weekend. (Photo by Matt Cardy/Getty Images)”

“SENNEN, UNITED KINGDOM – 08 Februari: Gelombang badai pecah di Sennen pada 8 Februari 2014 di Cornwall, Inggris. Inggris bersiap menghadapi lebih banyak badai dan hujan lebat selama akhir pekan. (Foto oleh Matt Cardy / Getty Images)”

Dengan demikian, cuitan akun Twitter Tuffer (@TufferB) dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

====

Referensi:

https://www.cornwalls.co.uk/photos/sennen-storm-splash-year-4323.htm

https://www.gettyimages.ca/detail/news-photo/storm-waves-break-at-sennen-on-february-8-2014-in-cornwall-news-photo/467822237

Editor: Bentang Febrylian