[SALAH] Foto Pohon Membeku Akibat Hidran Meledak di Cuaca Dingin di Kanada

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Bentuk pohon yang membeku dalam foto itu bukan hasil dari hidran kebakaran yang meledak saat cuaca dingin di Kanada. Pohon es tersebut diciptakan oleh sebuah keluarga di Hebe, Utah menggunakan selang taman dan alat misting yang telah dilakukan selama lebih dari 20 tahun saat musim dingin.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.is/EYDEb

====

Narasi:

“This is what happens when a fire hydrant bursts in freezing weather.”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Meanwhile in Canada (@MeanwhileinCana) mengunggah cuitan berupa foto es yang membeku di pohon dengan klaim sebagai hasil dari hidran kebakaran meledak di cuaca dingin. Cuitan yang diunggah pada 9 Februari 2022 mendapat atensi berupa 2.326 suka dan 481 retweet.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto cuitan tersebut bukan berada di Kanada dan berasal dari hidran kebakaran yang membeku. Akun Facebook Ron’s Weather Page (fotografer asal Texas) membuat unggahan pada 17 Desember 2015 dengan konfirmasi bahwa keluarga di Heber, Utah telah membuat “patung pohon es” selama lebih dari 20 tahun saat musim dingin. Karya tersebut dibuat sang keluarga dari selang taman dan alat misting.

Hoaks serupa sebelumnya pernah dibahas oleh Hoax Eye dalam artikel berjudul “Ice Tree” terbit pada 9 Januari 2017.

Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Meanwhile in Canada (@MeanwhileinCana) dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

====

Referensi:

https://tinyurl.com/ycyjydzc

https://hoaxeye.com/2017/01/09/ice-tree/

Editor: Bentang Febrylian