[SALAH] Foto “a polor bear doin in Arlington Texas”

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Bukan foto beruang kutub di Arlington, Texas. Foto beruang tersebut diambil di kota Longyearbyen, Norwegia pada Desember 2019.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.vn/nRFZ4

====

Narasi:

“What da hell is a polor bear doin in Arlington texas 😭😭😭”

====

Penjelasan:

Akun Twitter turtle (@strawmuncher) mengunggah cuitan berupa foto beruang kutub yang diklaimnya berada di Arlington, Texas. Cuitan yang diunggah pada 3 Februari 2022 itu mendapat atensi berupa 319 ribu suka dan 27,3 ribu retweet.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto cuitan tersebut bukan foto beruang kutub di Arlington,Texas. Foto itu adalah foto beruang kutub yang berkeliaran di Longyearbyen, Norwegia bulan Desember 2019 dan digunakan pada artikel Situs Spitsbergen | Svalbard berjudul “Polar bear back in Longyearbyen” terbit 28 Desember 2019. Situs resmi Gubernur Svalbard juga mengabarkan bahwa beruang kutub itu dipindahkan dari Longyearbreen menuju Van Mijenfjorden menggunakan helicopter pada 28 Desember 2019.

Sebagai tambahan, hoaks serupa pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] Foto Beruang Kutub Berkeliaran di Kota Thrall, Texas, Amerika Serikat terbit pada 19 Februari 2021.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter turtle (@strawmuncher) dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

====

Referensi:

https://www.spitsbergen-svalbard.com/2019/12/28/polar-bear-back-in-longyearbyen.html

https://www.sysselmesteren.no/en/news/2019/12/polar-bear-update2/

Editor: Bentang Febrylian