[SALAH] Foto “Mercury, Venus, and Saturn align with the Giza pyramids once every 2737 years”

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Hoaks lama yang kembali beredar. Faktanya, foto cuitan tersebut adalah karya Charles Marcello menggunakan program bernama Stellarium.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====
Kategori: Konten yang Menyesatkan

====

Sumber: Twitter
https://archive.is/zLq99

====

Narasi:

“Mercury, Venus, and Saturn align with the Giza pyramids once every 2737 years”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Conspiracy Theories (@StrangeTheorie) mengunggah cuitan berupa foto yang menunjukkan planet Merkurius, Venus, dan Saturnus sejajar dengan tiga Piramida Giza setiap 2737 tahun. Cuitan yang diunggah pada 4 Februari 2022 mendapat atensi berupa 14,7 ribu suka dan 1663 retweet.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto cuitan tersebut bukan foto sungguhan. Dalam artikel “2012 and the Pyramids at Giza” di World-Mysteries Blog, dijelaskan bahwa foto itu dibuat oleh penulis artikel bernama Charles Marcello menggunakan program Stellarium sebagai pembuktian tentang planet alignment tahun 2012. Mengutip dari AFP, Direktur Museum Sains dan Kosmos Tenerife Hector Socas-Navarro menjelaskan bahwa planet Merkurius, Venus, dan Saturnus akan berada di langit pada siang hari tanggal 3 Desember 2012, namun ketiga planet tersebut tidak dapat dilihat. Ia juga membantah klaim planet Merkurius, Venus, dan Saturnus hanya sejajar setiap 2737 tahun.

“Mercury orbits around the Sun in 88 days, Venus in 225 days, and Saturn in 29 years. This means that we can see all three of them once a year, when the earth is on the opposite side of the Sun from Saturn.”

“Merkurius mengorbit mengelilingi Matahari dalam 88 hari, Venus dalam 225 hari, dan Saturnus dalam 29 tahun. Artinya, kita bisa melihat ketiganya setahun sekali, ketika bumi berada di sisi berlawanan dari Matahari dari Saturnus,” jelas Marcello.

Sebagai tambahan, hoaks yang sama sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] Foto Planet Merkurius, Venus, dan Saturnus Sejajar dengan Piramida Giza terbit pada 19 Agustus 2021.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter Conspiracy Theories (@StrangeTheorie) dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

====

Referensi:

https://factcheck.afp.com/photo-mercury-venus-and-saturn-perfectly-aligned-over-pyramids-fake

Editor: Bentang Febrylian