[SALAH] Tiktok Ivan Gunawan Bagi-Bagi Hadiah 30 Juta + Motor

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan

Faktanya, melalui akun instagram resmi Ivan Gunawan memberikan peringatan kepada pengguna media sosial untuk lebih berhati-hati agar tidak mudah percaya dengan modus penipuan tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
==============
Konten: Konten Tiruan

Beredar sebuah postingan video yang diunggah oleh akun TikTok Ivan Gunawan pada 22 Februari 2022. Dalam video tersebut menunjukan Ivan Gunanawan berjoget dengan 2 orang lainnya. Pada akun TikTok tersebut juga terdapat link yang akan terhubung pada nomor Whatsapp yang akan digunakan sebagai konfirmasi penerima hadiah, selain itu terdapat narasi yang dituliskan pada video adalah sebagai berikut:

Narasi:
Yang Bisa Komen Di Video ini, aku transfer 30jt+ Motor.

Sumber: Tiktok https://archive.fo/CHiYH Arsip
==============

PENJELASAN:

Berdasarkan hasil penelusuran tidak pernah ada give away yang dilakukan oleh Ivan Gunawan pada media sosial TikTok.

Tak ingin semakin banyak korban, Ivan Gunawan memberikan peringatan melalui akun Instagramnya jika akun tersebut bukan miliknya. “Hati2 penipuan yah itu bukan akun saya,” tulis Igun dikutip dari postingannya pada Kamis (27/1).

Pasalnya bukan kali pertama, nama Ivan Gunawan sudah cukup sering dicatut penipuan. Tidak hanya Ivan Gunawan saja, terdapat nama artis lain yang dicatut namanya sebagai konten penipuan dengan cara bagi-bagi hadiah.

Dengan demikian, video TikTok yang diduga milik akun Ivan Gunawan tersebut tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori konten tiruan.

REFERENSI:
https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4866077/waspada-konten-hoaks-bagi-bagi-hadiah-uang-catut-nama-artis

https://www.instagram.com/p/CZPEs47pZl9/?utm_medium=copy_link

EDITOR: Adi Syafitrah