[SALAH] Surat Edaran Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia untuk Sponsorship Penerbitan Buku

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya, melalui akun Instagram resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian R.I, yaitu @perekonomianri, pihak Kemenko menyatakan bahwa informasi terkait dengan beredarnya surat edaran yang mengatasnamakan Kemenko Perekonomian R.I dengan tujuan untuk ajakan sponsorship terkait penerbitan sebuah buku ialah hoax.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten Tiruan

===

Sumber: I-Flyer

===
Narasi:
“Nomor : 135/KKBP-M/VI/2021
Lampiran : 1 (satu) berkas proposal
Perihal : Sponsorship Penerbitan Buku “Kementerian Koorrdinator Bidang Perekonomian R.I Membangun”

Kepada Yth.
Ibu Soraya Ramli
Div. Pembiayaan
PT SARANA MULTIGRIYA FINANCIAL PERSERO
Up : Bapak Misnawi – Corsec

[Narasi dilanjutkan setelah bagian referensi]

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar informasi terkait dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonnomian R.I perihal ajakan untuk melakukan sponsorship penerbitan buku Kemenko Bidang Perekonomian yang ditujukan kepada para mitra atau relasi terkait.

Namun melansir dari akun Instagram resmi Kemenko Bidang Perekonomian R.I, yaitu @perekonomianri, pihak kemenko menyatakan bahwa informasi yang beredar terkait dengan adanya ajakan untuk melakukan sponsorship penerbitan sebuah buku yang ditujukan kepada para mitra kerjasama atau relasi Kemenko Perekonomian ialah informasi yang salah, atau hoax.

Selain itu, Kemenko Bidang Perekonomian juga melalui laman media sosial lainnya, yaitu pada laman Facebook, @Kemenko Perekonomian RI, serta pada laman Twitternya, yaitu @PerekonomianRI menegaskan kembali bahwa informasi yang beredar ialah informasi salah atau hoax, dan Kemenko Perekonomian juga menegaskan bahwa pihaknya sama sekali tidak ada kaitannya dengan surat tersebut.

Atas dasar tersebut, maka pihak Kemenko juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap berbagai informasi yang diterima, karena semua informasi resmi terkait Kemenko Perekonomian dapat diakses melalui website resminya, yaitu www.ekon.go.id maupun pada seluruh akun media sosial Kemenko Perekonomian.

Berdasarkan pada seluruh referensi, surat edaran Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia untuk sponsorship penerbitan buku ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten tiruan.

Referensi:
https://www.instagram.com/p/CZsainXPMKq/?utm_medium=copy_link
https://www.facebook.com/photo?fbid=314054304089361&set=a.225472389614220
https://twitter.com/PerekonomianRI/status/1490849221544902656

[Lanjutan narasi]

Dengan hormat,

Memasuki tahun 2021 Indonesia dihadapkan pada permasalahan atau tantangan di bidang perekonomian yang terus berkembang, baik dari sisi eksternal maupun internal. Namun, Pemerintah Indonesia memiliki peluang atau potensi yang dapat dimanfaatkan untuk membawa perekonomian Indonesia menjadi lebih baik lagi melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan pembangunan struktur perekonomian yang kokoh dan berdasarkan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah serta didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing dengan Visi Presiden RI.

Guna mendukung dan mensukseskan program dimaksud akan diterbitkan Buku yang berjudul “Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian R.I. Membangun. Edisi Khusus : Dalam Rangka Penggalangan dan Peningkatan Kerjasama Dengan Mitra dan Rekanan Kemenko Perekonomian R.I.” penerbitan buku tersebut diharapkan mampu memberikan nilai yang positif di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perkonomian R.I beserta Jajaran dan dapat juga dijadikan sebagai media komunikasi yang efektif bagi Mitra dan Rekanan. Serta diharapkan dapat menjadi motivator untuk melaksanakan kerjasama yang lebih baik bagi Kementerian dan Instansi Terkait dengan Pelaku Usaha dan Pihak-Pihak Terkait.

Maka, demi suksesnya upaya penerbitan buku. Dan kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari perusahaan, Relasi, Mitra dan Rekanan, BUMN, BUMD, Perusahaan Daerah, Swasta, Investor, Perbankan, Lembaga keuangan Non Bank, Broker, Perasuransian dan Pihak-Pihak yang terhubung pada Bidang Perekonomian untuk turut serta dalam monsponsori pembuatan Buku yang dikerjasakan secara swadaya sekaligus sebagai sarana promosi yang efektif.

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian