[SALAH] Bencana Alam Tanah Longsor di Wilayah Lebakbarang Menimbulkan 5 Korban Jiwa

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya, Kasubsi PIDM Sihumas, Ipda Tamerin, S.H., menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana alam tanah longsor yang terjadi di wilayah Lebakbarang.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten yang Menyesatkan

===

Sumber: WhatsApp

===

Narasi:
“korban longsor di lebangbarang
Pak (nama seseorang) lagi dibantu ga ibu mau beri santunan untk 5 org tsb dan msing2 dibantu 2.5 jt untk lain2 nya saya cari tambhn sendiri”.

===

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar informasi terkait dengan adanya lima korban jiwa pada bencana alam longsor yang terjadi di wilayah Lebakbarang.

Namun melansir dari humas.polri.go.id, Kasubsi PIDM Sihumas Ipda Tamerin, S.H., menegaskan bahwa pada pertengahan bulan Januari 2022 memang telah terjadi bencana alam longsor di wilayah Lebakbarang, tetapi dalam peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Selain itu, Ipda Tamerin juga menambahkan bahwa pihaknya melalui Polsek Lebakbarang sudah melakukan konfirmasi kepada para Kepala Desa di Kecamatan Lebakbarang untuk memastikan informasi yang beredar terkait dengan adanya korban jiwa pada peristiwa bencana alam longsor yang telah terjadi, namun dapat dipastikan, pada saat kejadian bencana alam tanah longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Melansir dari bratapos.com, Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasubsi PIDM Sihumas Ipda Tamerin, S.H., juga mengingatkan kepada masyarakat agar senantiasa bijaksana dalam menggunakan media sosial dengan tidak menyebarluaskan berita atau informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait bencana alam tanah longsor di wilayah Lebakbarang menimbulkan 5 korban jiwa ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Referensi:
https://bratapos.com/2022/01/23/polisi-pastikan-isu-di-medsos-terkait-korban-bencana-alam-tanah-longsor-di-lebakbarang-hoax/
https://humas.polri.go.id/2022/01/23/polisi-pastikan-isu-di-medsos-korban-bencana-alam-tanah-longsor-di-lebakbarang-hoax/

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian