[SALAH] Panggilan Interview Kerja Diskominfo Jabar

hasil periksa fakta Rahmah a n (UIN sunan Ampel Surabaya).

Informasi palsu. Pihak Diskominfo Jabar menegaskan sampai dengan saat ini tidak melakukan rekrutmen Tenaga/Ahli tambahan. Segala informasi terkait rekrutmen hanya disampaikan melalui situs resmi diskominfo.jabarprov.go.id.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

===

KATEGORI: Konten Tiruan

===

SUMBER: Whatsapp

===

NARASI:
“Penggilan Interview Dinas Komunikasi dan

Informatika Provinsi Jawa Barat

Sehubungan dengan dibutuhkannya karyawan/ti tambahan, maka kami mengundang anda untuk untuk mengikuti wawan

Nama:
Jabatan: Tenaga Teknis Tata Usaha
Hari/Tanggal: Kamis, 10 Februari 2022
Pukul: 13.00 WIB

Berhubung masih dalam masa pandemi, kami memohon untuk mengikuti Swab PCR. Untuk registrasi Swab dapat melakukan transfer ke Rekening Bank Permata 8528085759115513 sebesar Rp. 300.000.

Dana tersebut akan kami kembalikan pada saat selesai wawancara Batas terakhir registrasi swab tanggal 09 Februari 2022 – Pukul 16:00 WIB

Kami mengharapkan kehadiran Saudara/i. Pada kesempatan tersebut diharapkan agar Saudara/ i membawa semua ijazah asli dan surat-surat lain yang kami perlukan serta bukti Registrasi Swab. Kami menanti kehadiran saudara.

Hormat Kami,

Diskominfo Jabar

Jl. Tamansari No.55, Lb. Siliwangi,”

===
PENJELASAN:
Beredar undangan wawancara kerja dari Diskominfo Jawa Barat melalui pesan Whatsapp. Pesan tersebut berisikan nama seorang pelamar beserta jabatan yang dilamar, lalu diminta untuk mengirimkan uang sebesar Rp300.000 untuk biaya tes PCR ke rekening Bank Permata 8528085721109149. Dalam pesan juga tertulis dana akan dikembalikan pada saat selesai wawancara.

Berdasarkan hasil penelusuran, undangan wawancara yang beredar adalah palsu alias hoaks. Pihak Diskominfo Jabar melalui akun Instagram (@jabarsaberhoaks) menegaskan dalam proses rekrutmen pegawai tenaga teknik/ahli tidak memungut biaya apapun. Adapun informasi resmi terkait proses rekrutmen akan disampaikan situs resmi diskominfo.jabarprov.go.id. Sampai dengan saat ini Diskominfo Jabar tidak melakukan rekrutmen Tenaga Teknis/Ahli tambahan. Apabila menerima pesan pemanggilan dipastikan PENIPUAN.

Pada akhir tahun 2021, hoaks seperti ini pernah beredar, yang mana telah dibahas dalam laman turnbackhoax.id dengan judul ‘[SALAH] Undangan Wawancara Kerja Diskominfo Jawa Barat’. Modus yang sama digunakan dengan meminta uang untuk biaya tes PCR. Dengan demikian panggilan interview kerja dari Diskominfo Jabar melalui pesan Whatsapp dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan.

===
REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2021/12/22/salah-undangan-wawancara-kerja-diskominfo-jawa-barat/

https://www.instagram.com/p/CZwOcsBrM2i/?utm_medium=copy_link