[SALAH] Joni Mitchell, Paul McCartney, Willie Nelson, Bruce Springsteen, Barbra Streisand, Queen, The Rolling Stones, Dave Grohl dan Pearl Jam Menarik Lagu-Lagunya dari Spotify

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi yang salah. Faktanya, hanya Joni Mitchell yang berhenti bekerja sama dengan Spotify sebagai bentuk protes terhadap misinformasi COVID-19 oleh podcast Joe Rogan. Lagu-lagu dari kedelapan musisi lain masih dapat didengarkan di Spotify.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN / MISLEADING CONTENT

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/wB6Kj

=====

Narasi:
(Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia):

“Willie Nelson, Bruce Springsteen, Barbra Streisand, Queen, Paul McCartney, The Rolling Stone, Dave Grohl, Joni Mitchell, Pearl Jam menghapus musik mereka dari Spotify sebagai bentuk solidaritas dengan Neil Young!

#Spotify bisa mempertahankan fasisme-nya. #DeletedSpotify”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @fortylittleking (Goth Brooks) menyebarluaskan informasi bahwa kesembilan nama yang disebutkan dalam cuitannya telah menghapus musik mereka dari Spotify, sebagai bentuk dukungan untuk Neil Young. Cuitan tersebut telah dibagikan ulang lebih dari 1,200 kali serta disukai oleh 4,725 orang. Selain itu, banyak pengguna Twitter yang juga telah memberikan komentar.

Klaim tersebut berawal dari aksi protes Neil Young kepada Spotify, karena platform tersebut dinilai ikut andil dalam menyebarkan misinformasi mengenai vaksin COVID-19. Salah satunya dari podcast Joe Rogan yang diunggah di Spotify.

Berdasarkan hasil penelurusan, hanya Joni Mitchell yang membuat pernyataan resmi untuk meminta Spotify menghapus musiknya, sebagai bentuk dukungan untuk Neil Young. Mitchell menulis pernyataannya di website resminya pada 28 Januari 2022 dengan judul “I Stand with Neil Young!”.

Joni Mitchell membuat pernyataan sebagai berikut:

“I’ve decided to remove all my music from Spotify. Irresponsible people are spreading lies that are costing people their lives”.

Namun, kedelapan musisi lain tidak pernah membuat pernyataan resmi mengenai dukungan mereka terhadap Neil Young, dan tidak ada bukti bahwa mereka ingin menghapus musik mereka dari Spotify. Hingga saat ini, lagu-lagu kedelapan musisi tersebut masih bisa ditemui di Spotify.

Informasi serupa juga pernah dibahas oleh USA Today dengan judul “Fact Check: Viral rumors spread misinformation about Spotify removals” dan mengkategorikannya sebagai “Partly False”, karena hanya Joni Mitchell yang menghapus musiknya dari Spotify.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun Twitter @fortylittleking tersebut dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan / Misleading Content.

=====

Referensi:
https://www.rollingstone.com/music/music-news/neil-young-demands-spotify-remove-music-vaccine-disinformation-1290020/


https://jonimitchell.com/news/newsitem.cfm?id=1592


https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/02/02/fact-check-queen-springsteen-rolling-stones-still-spotify/9286496002/