[SALAH] Video Kemunculan UFO di Bandung

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Akun Tiktok Radar Bandung, pihak yang mengunggah video tersebut, telah melakukan klarifikasi dan mengatakan bahwa terdapat kesalahan dalam pengunggahan konten di akun Tiktok Radar Bandung.

= = = =

KATEGORI: fabricated content atau konten palsu

= = = =

SUMBER:
Tiktok
https://web.archive.org/save/https://www.tiktok.com/@radarbandung/video/7058901131669359873?is_copy_url=1&is_from_webapp=v1

= = = =

NARASI:

“Telah terjadi penampakan UFO di Bandung. kejadian tersebut membuat geger publik. Kejadian terekam dalam sebuah video yang dikirim oleh netizen.”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah video oleh akun Tiktok Radar Bandung yang mengatakan bahwa terdapat penampakan UFO. Penampakan UFO tersebut diklaim muncul di Kota Bandung.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Akun Tiktok Radar Bandung, pihak yang mengunggah video tersebut, telah melakukan klarifikasi dan mengatakan bahwa terdapat kesalahan dalam pengunggahan konten di akun Tiktok Radar Bandung.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh akun Tiktok Radar Bandung tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori fabricated content atau konten palsu.

= = = =

REFERENSI:
https://vt.tiktok.com/ZSeG9QQ74/
https://vt.tiktok.com/ZSeG9qsJe/

Penulis: Nadine Salsabila

Editor: Bentang Febrylian