[SALAH] Daging Tikus Dijual Sebagai Chicken Wings Tanpa Tulang Di Amerika Serikat

Hasil Periksa Fakta Ari Dwi Prasetyo.

Klaim daging tikus dijual sebagai chicken wings tanpa tulang di Amerika Serikat adalah informasi yang menyesatkan. Informasi ini telah dibantah oleh Department of Agriculture’s Food and Safety Inspection Service Amerika Serikat.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Yang Menyesatkan
= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://bit.ly/3g5LBjm
= = = = =

NARASI:
“….I don’t know if that’s rat meat or what”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok @qu33nbeeee mengunggah sebuah video pada tanggal 1 November 2021. Dalam video tersebut menjelaskan bahwa daging tikus telah dijual sebagai daging sayap ayam tanpa tulang di Amerika Serikat.

Melansir usatoday.com, Department of Agriculture’s Food and Safety Inspection Service Amerika Serikat mengungkapkan bahwa klaim ini merupakan klaim tanpa dasar. The Food and Drug Administration juga tidak memberikan pengumuman apa-apa terkait penjualan daging tikus sebagai daging sayap ayam tanpa tulang di Amerika Serikat.

Kemudian melansir thesun.co.uk, gambar daging tikus yang menjadi latar dalam video ini dipercaya diambil di Thailand pada tahun 2007. Gambar tersebut sudah digunakan sebagai informasi palsu semenjak tahun 2016.

Dengan demikian jika mengacu kepada seluruh referensi, maka klaim daging tikus dijual sebagai chicken wings tanpa tulang di Amerika Serikat informasi tidak benar dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/01/23/fact-check-rat-meat-isnt-being-sold-boneless-chicken-wings/6605072001/
https://www.thesun.co.uk/news/17425373/tiktok-rat-meat-chicken-wings-false/