[SALAH] Video Kendaraan Bersenjata Tentara Pakistan Dilempari Batu Oleh Warga Balochistan

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi tersebut salah. Faktanya, kendaraan bersenjata yang dilempari batu oleh masyarakat terjadi di Afghanistan, bukan Pakistan. Video tersebut juga sudah beredar sejak Desember 2020.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH / FALSE CONTEXT

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/F0Y3f

=====

Narasi:
(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)
“Jika Pakistan terus menyiksa warga Balochistan seperti ini, maka hari di mana ada bagian Pakistan yang lain tidak akan lama lagi. #StopKillingBalochs.”

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @92archanas (अर्चना शर्मा) mengunggah video yang memperlihatkan kendaraan bersenjata yang datang ke kerumunan warga untuk menyerang dan kemudian dilempari batu oleh warga sekitar. Video tersebut disertai informasi bahwa pihak yang terlibat di dalamnya merupakan tentara Pakistan dan masyarakat Balochistan. Postingan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 179 kali, serta terdapat 272 orang yang menyukai. Selain itu, terdapat beberapa orang memberikan komentar.

Berdasarkan hasil penelusuran, video ini pernah diunggah pada akun YouTube milik Adicto Apple pada 8 Desember 2020. Video tersebut diberi judul “APEDREAN VEHÍCULOS DE INVASORES DE EEUU EN AFGANISTÁN” yang berarti “KENDARAAN BATU PENYERANG AMERIKA SERIKAT DI AFGHANISTAN”.

Selain itu, kejadian tersebut juga ditulis dalam portal berita Rusia Avia Pro yang juga terbit pada 8 Desember 2020, di mana video yang sama dilampirkan dan diberi penjelasan bahwa ratusan masyarakat Afghanistan menyerang kendaraan militer Amerika Serikat. Menurut portal berita tersebut, kendaraan tersebut memang dibuat Amerika Serikat, namun dikendarai oleh tentara Afghanistan.

Informasi dengan topik yang sama juga pernah dibahas oleh India Today dengan judul “Fact Check: Old video from Afghanistan passed off as Pakistan’s atrocities in Balochistan”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun Twitter @92archanas dikategorikan sebagai konteks yang salah karena video yang terlampir dikait-kaitkan dengan konteks informasi yang salah.

=====

Referensi:


https://avia.pro/news/sotni-mestnyh-zhiteley-atakovali-amerikanskih-voennyh-poyavilos-video-napadeniya


https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-old-video-afghanistan-passed-off-as-pakistan-atrocities-balochistan-1903558-2022-01-24