[SALAH] Video Anies Baswedan “Alhamdulillah blio kgak mati klelep…”

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, video tersebut adalah hoaks lama yang kembali beredar. Video cuitan itu adalah video Surendra Furtado, Walikota Panaji, India pada 26 Juni 2016.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.md/7eejV

====

Narasi:
“Siapa yg bilang gubernur @aniesbaswedan Kgak kerja ???!!
Alhamdulillah blio kgak mati klelep…
📎file hidden”

====

Penjelasan:

Akun Twitter WEWE GOMBEL (@we_jogja) mengunggah cuitan berupa video yang diklaimnya sebagai video Anies Baswedan. Cuitan yang diunggah pada 21 Januari 2022 mendapat atensi berupa 15 retweet dan 63 suka.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut adalah Walikota Panaji, India bernama Surendra Furtado yang terjatuh dari mesin penyiangan pada 26 Juni 2016 ke dalam air keruh. Mengutip dari India.com, sang walikota terjatuh bersama lima orang pejabat dan seorang jurnalis saat memperkenalkan mesin penyiangan untuk membersihkan anak sungai St Inez.

“It was a minor incident. There is nothing to worry, I was safely back on the vessel. I am not hurt. The incident happened just at the bank of the creek,” ujar Surendra.

Sebagai tambahan, hoaks yang sama sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] Video Perahu Anies Baswedan Terbalik terbit pada 22 November 2021.

Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter WEWE GOMBEL (@we_jogja) dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

====

Referensi:

https://www.india.com/news/india/panaji-mayor-surendra-furtado-finds-himself-in-murky-waters-as-photo-op-goes-wrong-during-de-weeding-drive-1289364/

Editor: Bentang Febrylian