[SALAH] “Ubedilah: Penanganan Banjir Era Anies Jauh Lebih Sistematik dan Terarah ke rumah masing masing warga”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Hal tersebut tidak benar. Faktanya, gambar postingan Ibnu Setiawan merupakan tangkapan layar dari salah satu artikel milik Barisan.com yang telah disunting di bagian judul dan telah ditambahi narasi yang tidak benar. Judul yang asli adalah “Ubedilah: Penanganan Banjir Era Anies Jauh Lebih Sistematik dan Terarah”.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/9Mmfs

= = = = =

NARASI:
“Ubedilah: Penanganan Banjir Era Anies Jauh Lebih Sistematik dan Terarah ke rumah masing masing warga”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Ibnu Setiawan memposting sebuah gambar tangkapan layar yang terdapat foto Ubedilah. Di atas foto tersebut terdapat narasi “Ubedilah: Penanganan Banjir Era Anies Jauh Lebih Sistematik dan Terarah ke rumah masing masing warga”. Postingan tersebut diunggah pada grup Planga Plongo tanggal 20 Januari 2022 pukul 23.41.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci narasi di Facebook ditemukan artikel milik Barisan.com dengan judul “Ubedilah: Penanganan Banjir Era Anies Jauh Lebih Sistematik dan Terarah”. Foto pada artikel tersebut sama dengan postingan di Facebook namun judul pada postingan Facebook berbeda dengan judul artikel.

Lebih lanjut, melansir dari Riau24.com pada artikel berjudul “Pengamat Sebut Penanganan Banjir di Era Anies Baswedan Lebih Baik Dibanding Ahok, Ini Alasannya” Ubedilah Badrun yang namanya dicatut pada postingan Facebook mengatakan “Dalam urusan penanggulangan banjir ini nampaknya cara Anies Baswedan jauh lebih sistemik dan terarah,”. Jika dilihat tidak ada narasi “ke rumah masing masing warga”.

Dengan demikian narasi postingan Facebook merupakan tangkapan layar dari salah satu artikel milik Barisan.com yang telah disunting pada bagian judul dan telah ditambahi narasi yang tidak benar. Judul yang asli adalah “Ubedilah: Penanganan Banjir Era Anies Jauh Lebih Sistematik dan Terarah” sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://barisan.co/ubedilah-penanganan-banjir-era-anies-jauh-lebih-sistematik-dan-terarah/
https://www.riau24.com/berita/baca/1613916602-pengamat-sebut-penanganan-banjir-di-jakarta-di-era-anies-baswedan-lebih-baik-dibanding-ahok-ini-alasannya

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian