[SALAH] Gambar Kaca Indomaret Pecah karena Pembeli Minyak Murah

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Informasi tersebut tidak benar. Faktanya, Public Relations Manager PT Indomarco Prismatama (Indomaret) A Nenny Kristyawati menjelaskan kaca Indomaret yang pecah terjadi di daerah Aceh karena kecelakaan karyawan toko bukan karena pembeli minyak murah.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/HsfF0

= = = = =

NARASI:
Caption
“Minyak Kemasan murah katanya promo‚Ķ.
Coba kau jual selama 1bulan
Milyaran Rupiah kerugian kau
Bukan Indomaret lagi
Indomlarat nama mu”

Pada gambar postingan
“Gara-gara Jual minyak
Kemasan murah
diserbu masa
Pintu kaca pecah”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Pak Ucok Nandan memposting sebuah gambar pintu kaca Indomaret yang pecah dan mengklaim bahwa penyebab kaca pecah karena pembeli yang membeli minyak murah.

Setelah ditelusuri, Public Relations Manager PT Indomarco Prismatama (Indomaret) A Nenny Kristyawati menjelaskan kejadian pecahnya kaca Indomaret berlokasi di Aceh, dan tidak ada hubungannya dengan masyarakat yang ramai-ramai ingin membeli minyak goreng murah. Penyebab kaca Indomaret pecah karena peristiwa kecelakaan karyawan toko pada 19 Januari 2022 pukul 10.00. Karyawan toko tersebut hendak pergi mencetak sarana promosi dan saat menghidupkan motor, justru menekan gas kendaraan terlalu dalam.

Dengan demikian, klaim bahwa kaca Indomaret pecah karena pembeli minyak murah tidak benar. A Nenny Kristyawati menjelaskan kaca Indomaret yang pecah terjadi di daerah Aceh karena kecelakaan karyawan toko buka pembeli minyak murah sehingga masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/01/21/160658582/hoaks-kaca-indomaret-pecah-diserbu-pembeli-yang-berebut-minyak-goreng?page=all

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian