[SALAH] Avicii, Chester Bennington, Anthony Bourdain dan Chris Cornell Bunuh Diri Ketika Terlibat dalam Pembuatan Film “The Silent Children”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi tersebut salah. Faktanya, keempat nama tersebut tidak terlibat dalam film “The Silent Children”. Terlebih lagi, kematian mereka terjadi pada waktu yang berbeda.

=====

KATEGORI: KONTEN PALSU / FABRICATED CONTENT

=====

Sumber: Facebook
https://archive.ph/Jtu2A

=====

Narasi:
(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)
“Tidakkah menarik bahwa Avicii, Chester Bennington, Anthony Bourdain, dan Chris Cornel semua bunuh diri ketika bekerja dalam film dokumenter berjudul “The Silent Children”? Sebuah film yang menceritakan tentang penyebaran pedofilia / penjualan manusia”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook John Corleone Scarlioli mengunggah foto yang menginformasikan kematian Avicii, Chester Bennington, Anthony Bourdain dan Chris Cornell memiliki keterkaitan, di mana keempatnya bunuh diri ketika mengerjakan film dokumenter tentang pedofilia dan penjualan manusia berjudul “The Silent Children”.
Unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 358 kali, dan terdapat 21 orang telah memberikan komentar.
Berdasarkan hasil penelusuran, keempat nama tersebut bahkan tidak terlibat sama sekali dalam pembuatan “The Silent Children”. Juru bicara film tersebut, Arthur Gorson, mengonfirmasi fakta tersebut melalui wawancara dengan USA Today.

“We never had any contact with the people mentioned in the post. We never had any emails. We’ve never reached out for funding to those people. So, there never was any legitimate connection.”

Informasi dengan topik yang sama juga pernah dibahas oleh Reuters dengan judul “Fact Check: Avicii, Bennington, Cornell and Bourdain were not working on a child sex trafficking documentary and did take their own lives”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun John Corleone Scarlioli dikategorikan sebagai konten palsu karena informasi tersebut 100% salah dan sengaja dibuat untuk menipu masyarakat.

=====

Referensi:
https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/01/18/fact-check-no-link-between-celebrities-deaths-documentary-project/9169646002/


https://www.youtube.com/watch?v=ZiCvLQ68noI


https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-documentary-idUSKCN25F1BF