[SALAH] Video Kembang Api Futuristik di Beijing pada Malam Tahun Baru 2022

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Informasi tersebut salah. Faktanya, video tersebut adalah animasi digital berdasarkan pemandangan dari kota Qingdao di Tiongkok Timur.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Facebook
https://archive.vn/oLNsj

= = =
Narasi:
Terjemahan Bahasa China:
“Kemarin pertunjukan kembang api Tahun Baru di Beijing”

“Pertunjukan kembang api Malam Tahun Baru 2022 kemarin di Beijing”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video pertunjukkan kembang api futuristik di sosial media Facebook yang mengklaim bahwa video tersebut diambil dari pertunjukkan kembang api di Beijing pada malam tahun baru 2022 “Kemarin pertunjukan kembang api Tahun Baru di Beijing,” tulis keterangan video yang dibagikan pada 1 Januari 2022.

Namun, klaim tersebut salah. Faktanya, video tersebut adalah animasi digital berdasarkan pemandangan dari kota Qingdao di Tiongkok Timur.

Dilansir dari AFP, pembuat video mengatakan bahwa “Kembang Api” yang terlihat dalam rekaman itu dihasilkan oleh komputer.

Melalui google image search, ditemukan video asli yang diterbitkan oleh Douyin, studio kreatif bernama RenjiaView pada 31 Desember dengan judul “Selamat Tahun Baru 2022”.

Menanggapi klaim yang menyesatkan tentang video tersebut, pendiri RenjiaView Lu Hui mengatakan kepada AFP bahwa video tersebut didasarkan pada pemandangan sebenarnya yang diambil di Qingdao dan dianimasikan secara digital dengan teknologi Augmented Reality.

Dengan demikian, klaim video kembang api futuristik di Beijing pada malam tahun baru 2022 adalah informasi yang salah dengan kategori konteks yang salah.

= = =
Referensi:

  1. https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9VL4BY-1
  2. https://www.douyin.com/video/7047834708444450059

= = =
Editor: Bentang Febrylian