[SALAH] Tsunami Melanda Darwin, Australia Akhir Desember 2021

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Informasi tersebut salah. Faktanya, video tersebut sudah beredar sebelum Desember 2021 dalam laporan dan unggahan tentang peristiwa di luar Australia.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Youtube
https://archive.is/SMs3Z

= = =
Narasi:
“Tsunami melanda Australia setelah gempa berkekuatan 7,5 di Darwin Daerah pesisir banjir!”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video di media sosial pada akhir Desember 2021 yang mengklaim tentang tsunami yang terjadi di Darwin, ibu kota wilayah Australia Utara, setelah terjadi gempa bumi.

Setelah ditelusuri, informasi tersebut salah. Faktanya, video tersebut sudah beredar sebelum Desember 2021 dalam laporan dan unggahan tentang peristiwa di luar Australia.

Dilansir dari AFP, tidak ada peringatan tsunami yang tercatat di Darwin pada akhir 2021. Pada 30 Desember 2021, media lokal melaporkan getaran yang dirasakan oleh penduduk kota Darwin di Australia, gempa berkekuatan 7,3 magnitudo yang berasal dari Laut Banda, dekat Indonesia.

Namun setelah kejadian tersebut, tidak ada peringatan tsunami yang dicatat pada tanggal 31 Desember di Darwin oleh Pusat Peringatan Tsunami di Australia.

Video tersebut berisi rekaman tsunami dari beberapa wilayah yang terdiri dari tsunami Alaska (Juli 2020), Selandia Baru (Maret, 2021), Indonesia (September 2018).

Dengan demikian, klaim bahwa tsunami melanda Australia di Darwin pada akhir Desember 2021 adalah informasi yang salah dan termasuk ke dalam kategori konteks yang salah.

= = =
Referensi:

  1. https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9VN288-2
  2. https://www.nationalgeographic.com/environment/article/tsunamis
  3. https://www.nzherald.co.nz/nz/watch-footage-shows-wave-surges-hitting-tokomaru-bay-on-east-coast/2YETGWOESCQUCQS4XIWQDWQLC4/
  4. https://www.youtube.com/watch?v=j9P39SgC24M

= = =
Editor: Bentang Febrylian