[SALAH] “Manusia pertama baru saja mendarat di bulan tapi foto bumi yg diambil dari bulan sdh duluan dipajang”

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Informasi Palsu. Astronot pesawat Apollo 11 menginjakkan kaki pertama kali di bulan pada tahun 1969. Sedangkan foto yang dipajang di ruangan Presiden Nixon adalah foto bumi yang diambil dari orbit lunar oleh para Astronot pesawat Apollo 8 pada tahun 1968.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====

SUMBER: Facebook

https://archive.ph/gudTs

=====

NARASI:
NIXON TALKING TO APOLLO 11 ON A LANDLINE PHONE
WITH A PICTURE TAKEN FROM THE MOON IN THE BACKGROUND…..TAKE YOUR TIME-

(Terjemahan)
Nixon berbicara kepada Apollo 11 melalui telepon rumah

dengan gambar di belakangnya yang diambil dari bulan…. pikirkanlah

=====

PENJELASAN:


Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Satriya Alfaruq, yang membagikan sebuah foto disertai dengan narasi bahwa Presiden Nixon berbicara dengan Astronot pesawat Apollo 11 melalui telepon rumah, dan di belakangnya terdapat foto bumi yang diambil dari bulan.

Postingan tersebut bermaksud untuk meragukan pendaratan Astronot Apollo 11 yakni Armstrong and Aldrin, yang saat itu menjadi yang pertama kali melakukan pendaratan di bulan. Pasalnya, mereka baru saja melakukan kontak melalui telepon dengan Presiden Nixon bahwa mereka telah melakukan pendaratan di bulan, namun di belakang Nixon, sudah ada foto bumi yang diambil dari bulan.

Selain itu, Satriya Alfaruq juga meragukan jika Nixon memakai telepon kabel untuk menelepon para Astronot yang ada di bulan.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, klaim tersebut adalah Palsu. Foto bumi di kantor Nixon, sudah diambil dari tahun 1968 sedangkan Apollo 11 melakukan pendaratan di bulan pada tahun 1969.

Adapun yang mengambil foto tersebut adalah Astronot dari Apollo 8, bernama William Anders. Foto tersebut diambil melalui orbital bulan. Saat itu, misi mereka adalah keluar dari orbital bumi dan mencapai orbital bulan. Akhirnya mereka berhasil mengambil foto dan kembali ke bumi tanpa melakukan pendaratan di bulan. Foto yang diambil pada 24 Desember 1968 terkenal dengan nama Earthrise.

Pada 20 Juli 1969, Apollo 11 melakukan misi pendaratan di bulan dan berhasil mencapai misi tersebut.

Memang benar bahwa Presiden Nixon menelepon para Astronot Apollo 11 menggunakan telepon kabel namun telepon tersebut memakai transmisi khusus telepon-radio.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan, klaim Satriya Alfaruq adalah tidak benar dan termasuk kategori Konteks yang Salah.

=====
REFERENSI:
https://hoaxeye.com/2021/06/05/nixon-talking-to-apollo-11/

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Apollo_8

=====

NARASI LANJUTAN:


Tahukan anda?
Foto Bumi yg diambil dari bulan sdh terpajang lebih dulu di ruangan kantor Presiden Nixon pada saat dia menelepon Neil Armstrong bbrp saat setelah Neil menginjakkan kakinya di bulan untuk yg pertama kalinya dlm sejarah pada 20 Jul 1969.
Pertanyaannya adalah :
1.Manusia pertama baru saja mendarat di bulan tapi foto bumi yg diambil dari bulan sdh duluan dipajang Presiden Nixon di ruangan kerjanya? Logikanya dah ada yg duluan ke bulan atau fotonya cuma editan atau rekayasa
2.Bagaimanakah caranya Telp kabel bisa menelpon manusia yg ada di bulan?
3.Bagaimana caranya Apollo 11 menembus kubah langit yang bahkan tidak bisa ditembus oleh bom nuklir yg jauh lbh besar dan lbh dahsyat dari Bom atom Hiroshima dan Nagasaki?
Apollo 11 was the spaceflight that first landed humans on the Moon. Commander Neil Armstrong and lunar module pilot Buzz Aldrin formed the American crew that landed the Apollo Lunar Module Eagle on July 20, 1969, at 20:17 UTC. Wikipedia

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian