[SALAH] Gambar Presiden Jokowi di Headline Berita CNN “Kejar Biawak, Pria Terjebak di Gorong-gorong”

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Hasil Editan. Gambar aslinya dalam headline berita CNN tersebut tampak pakaian berwarna merah, milik seorang pria yang terjebak di dalam gorong-gorong saat mencari biawak.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Parodi

=====

SUMBER: Facebook

https://archive.ph/M9zkg

=====

NARASI:
“Kasihan”
*gambar Presiden Jokowi masuk ggorong-gotong
Judul headline berita CNN
“Kejar Biawak, Pria Terjebak di Gorong-gorong”

=====
PENJELASAN:
Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Muhamad Ilham di grup “PLANGA PLONGO”. Postingannya menunjukkan hasil screenshot sebuah video berita dengan headline berjudul “Kejar Biawak, Pria Terjebak di Gorong-gorong”. Dalam video berita tersebut tampak pula Presiden Jokowi yang terlihat sedang memasuki gorong-gorong.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, gambar tersebut adalah hasil editan. Pencarian video di Youtube dengan judul yang sama menunjukkan video aslinya berasal dari berasal dari CNN Indonesia yang tayang pada channel REDAKSI TRANS7 OFFICIAL. Pada headline tersebut, CNN Indonesia tidak menampilkan sosok Jokowi, melainkan gambar baju berwarna merah diletakkan di dahan pohon.

Diketahui, isi dari berita tersebut membicarakan seorang pria yang berprofesi sebagai pengamen terjebak selama lima jam di dalam gorong-gorong yang terletak di Penjaringan Jakarta Utara. Pria tersebut sebelumnya berniat menangkap biawak, namun naas ia malah terjebak.

Adapun foto Presiden Jokowi yang memasuki gorong-gorong memang benar adanya. Foto tersebut telah beredar sejak tahun 2013, Presiden Jokowi yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI sedang blusukan untuk mengecek kondisi saluran air di Jalan Raya Lenteng Agung, seberang stasiun Tanjung Barat.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Muhamad Ilham adalah tidak benar dan termasuk kategori Parodi.

=====
REFERENSI:
https://youtu.be/y6rf6HFnnes


https://m.liputan6.com/news/read/743183/jokowi-turun-ke-got-nan-bau

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian