[SALAH] “Mobil Listrik Murah Wuling E200 Dijual di Indonesia”

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Informasi Palsu. Mobil Wuling dari Cina akan mulai diproduksi dan dipasarkan di Indonesia mulai tahun 2022.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====

SUMBER: Youtube
https://archive.vn/3FkSS

=====
PENJELASAN:


Beredar postingan video di Youtube oleh channel bernama “Magenta Automative” dengan judul video “ORDERAN MEMBLUDAK ! ! MOBIL LISTRIK MURAH WULING E200 DI JUAL DI INDONESIA”, diunggah pertama kali pada 2 Desember 2021.

Video yang berdurasi 11 menit 2 detik tersebut menjelaskan mengenai spesifikasi mobil listrik Wuling dan harga yang relatif lebih murah untuk pasar mobil listrik. Dalam narasi yang disampaikan tidak ada penjelasan mengenai kapan mobil wuling E200 akan dirilis, namun judul dalam video telah mengklaim bahwa mobil listrik buatan Cina tersebut sudah dijual di Indonesia dan orderannya membludak.

Setelah dilakukan pencarian fakta terkait, belum diketahui secara pasti kapan mobil Wuling E200 akan diproduksi dan dijual di Indonesia. Wuling tipe E200 merupakan model mini kompak dengan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV).

Platform GSEV hadir dalam enam tipe produk yang diluncurkan sejak 2017 hingga saat ini. Adapun tipe-tipe tersebut yakni E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, hingga Nano EV.

Dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 5 November 2021, Produk Planning Wuling Indonesia Danang Wiratmoko menyampaikan mobil listrik Wuling akan mulai dipasarkan di Indonesia tahun depan.

“Tahun depan kami akan luncurkan mobil listrik dengan platform GSEV di Indonesia,” ungkap Danang.

Adapun tipe Wuling yang akan dirilis pertama kali belum diungkapkan. Namun kata Danang mobil ini merupakan model terbaru yang ia sebut sebagai ‘next generation GSEV’.

Harga jual mobil Wuling relatif terjangkau jika dirupiahkan karena mendapat insentif dari pemerintah. Harga mobil listrik Wuling di China dibanderol mulai Rp60 juta sampai 120 jutaan.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim dalam video Magenta Automative adalah tidak benar dan termasuk kategori Konteks yang Salah.

=====
REFERENSI:
https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/teknologi/20211115152938-384-721448/wuling-pastikan-bakal-rilis-dan-produksi-mobil-listrik-di-ri-2022/amp

https://www.google.com/amp/s/www.jawapos.com/oto-dan-tekno/otomotif/15/11/2021/tahun-depan-wuling-pastikan-jual-mobil-listrik-mini-kompak-di-ri/%3famp

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian