[SALAH] Video Jenderal TNI Andika Perkasa Adu Otot dengan Tentara AS

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Orang yang ada dalam video tersebut bukanlah Jenderal Andika Perkasa, melainkan instruktur fitnes bernama Serma Atang.

= = = =

KATEGORI: false context atau konteks yang salah

= = = =

SUMBER:
Tiktok
https://archive.ph/r1NTy

= = = =

NARASI:

“TNI Indonesia memang patut disegani oleh negara mana pun termasuk USA”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah video dari akun Tiktok @zikri386_1 yang menunjukkan bahwa terdapat anggota TNI sedang adu otot dengan salah satu Tentara Amerika Serikat (AS). Anggota TNI tersebut diklaim merupakan Jenderal Andika Perkasa.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Kompas, Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan bahwa orang yang berada dalam video tersebut adalah instruktur fitnes bernama Serma Atang. Ia juga mengatakan bahwa video tersebut ditujukan sebagai hiburan pada hari Sport and Culture Day saat menjelang akhir latihan bersama Garuda Shield-15. Hasil periksa fakta dengan narasi serupa telah diunggah pada laman turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] KSAD Jenderal Andika Perkasa Adu Otot dengan Tentara Amerika Serikat”.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh akun Tiktok @zikri386_1 tidak seusai fakta dan masuk ke dalam kategori false context atau konteks yang salah.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/15/151500665/viral-video-ksad-andika-disebut-adu-otot-dengan-us-army-benarkah?page=all&jxconn=117a0p8bother_jxampid*cWV3Yk1Xc3FlYjZwR2RQMURCRFJYVUx5Y1I2Vm9wX0Uzb01welVEdFFlLWhuNGVNdlFhZ0EwY0ZlQmNoNWY4QQ..#page2
  2. https://turnbackhoax.id/2021/08/20/salah-ksad-jenderal-andika-perkasa-adu-otot-dengan-tentara-amerika-serikat/

Penulis: Nadine Salsabila

Editor: Bentang Febrylian