[SALAH] Gedung Pusat Shopee Kebakaran

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Faktanya, kebakaran tidak terjadi di gedung pusat Shopee, melainkan di Gedung Cyber 1, Jakarta Selatan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.md/4ogvJ

= = = = =

NARASI:

“Pusat shopee ada gangguan kebakaran.
Jadi yg mau pesen shopee. Cod
Sabar ada gangguan ada kecelakaan pusat shopee.”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna “Siti Skincare dan Kosmetik” (https://www.facebook.com/profile.php?id=100069719015298) mengunggah sebuah narasi terkait aplikasi Shopee yang mengalami gangguan yang disebabkan oleh kebakaran yang terjadi di gedung pusat Shopee. Unggahan tersebut juga menyertakan video kebakaran.

Berdasarkan hasil penelusuran, kebakaran tidak terjadi di gedung pusat Shopee, melainkan di Gedung Cyber 1 yang berlokasi di Jakarta Selatan. Gedung Cyber 1 sendiri merupakan gedung perkantoran yang menjadi tempat penyimpanan data beberapa perusahaan teknologi. Sebagai dampak dari kebakaran tersebut, perusahaan yang menyimpan data di Gedung Cyber 1 mengalami gangguan, beberapa di antaranya adalah Shopee, Ajaib Investasi, dan M-Tix.

Melansir dari Liputan 6, Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira juga telah mengonfirmasi bahwa gangguan yang dialami oleh Shopee terjadi karena kebakaran di Gedung Cyber 1. Radynal juga menjelaskan bahwa data pengguna berada dalam kondisi aman. Lebih lanjut, video serupa juga telah diunggah oleh kanal YouTube “iNews id” dengan judul video “Gedung Cyber di Mampang Jaksel Terbakar, Satu Orang Tewas”.

Dengan demikian, narasi yang yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Siti Skincare dan Kosmetik” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=Qk8se9OmK0Y

https://www.liputan6.com/tekno/read/4726687/aplikasi-shopee-eror-akibat-kebakaran-gedung-cyber-apa-transaksi-dan-data-pengguna-aman

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20211202175841-185-729185/ramai-terdampak-kebakaran-gedung-cyber-i-shopee-hingga-ajaib

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian