[SALAH] Akun TikTok Agnes Mo Bagi-bagi Hadiah Akhir Tahun Senilai Rp50 Juta

Hasil Periksa Fakta Ani R

Akun TikTok Palsu. Akun TikTok asli Agnes Monica adalah @agnezmo, dalam akunnya tidak ada informasi resmi bahwa ia akan Bagi-bagi uang Rp50 juta di akhir tahun. Hoaks serupa ini sebenarnya sudah pernah beredar di awal tahun 2021.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten Tiruan

=====

SUMBER: TikTok

https://archive.ph/sPVrZ

=====

NARASI:


Spesial akhir tahun saya
memberikan hadiah senilai 50jt untuk 50 orang pemenang yang bisa menebak angka
gambar ini dengan benar


@AGNES MO


Spesia akhir tahun saya membenkan hadiah senilai 50jt untuk 50 orang pemenang yang bisa menebak angka gambar ini dengan benar

#agnesmo #agnesmonica #agnesmochallenge #agnesmontague #agnesmonika #agnesmonicarindu #agnesmorehead #agnesmoorehead #agnesmontaguecosplay #agnesmomatahariku

=====
PENJELASAN:

Beredar postingan berupa video di TikTok oleh akun bernama @agnesmo_berbagi, akun tersebut menayangkan video Agnes Monica yang sedang menata rambut dan juga disertai narasi bahwa Agnes akan membagikan hadiah akhir tahun senilai Rp50 juta untuk 50 orang pemenang yang bisa menebak angka pada gambar saat tayangan video berlangsung.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, video tersebut adalah HOAX. Tidak ada informasi resmi dari akun resmi Agnes Monica di TikTok (@agnezmo), bahwa ia akan membagikan hadiah senilai Rp50 juta di akhir tahun.

Hoaks yang serupa juga pernah beredar di awal tahun 2021 dengan modus akan membagikan hadiah kepada pemenang yang berhasil menebak angka pada gambar yang ditayangkan di video. Hoaks ini telah dilakukan bantahan oleh turnbackhoax dengan judul artikel “[SALAH] Agnez Mo Bagi-Bagi Hadiah Berupa Uang Tunai”.

Video asli sama persis dapat ditemukan di akun Instagram Agnes Monica, @agnezmo, diunggah pertama kali pada 29 November 2021 dan diberikan caption “Can’t wait for this to come ouuuuut!!!”. Dalam postingannya ini tidak ada sama sekali informasi bahwa Agnez Mo akan bagi-bagi hadiah senilai Rp50 juta di akhir tahun.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim bahwa Agnez Mo akan membagikan hadiah senilai Rp50 juta adalah HOAX dan termasuk kategori Konten Tiruan.

=====
REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2021/01/14/salah-agnez-mo-bagi-bagi-hadiah-berupa-uang-tunai/


https://www.instagram.com/tv/CW3TDDOAC0M/?utm_medium=copy_link

=====