[SALAH] Telegram Membagikan Voucher Pulsa Gratis Bagi Pengguna Senilai Rp500 Ribu

Berdasarkan Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Deputy Client Manager Edelman Indonesia mewakili Telegram, Ricky Alexander mengatakan bahwa informasi pembagian voucher pulsa oleh Telegram senilai Rp500 ribu itu tidak benar.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten Palsu

===

Sumber: WhatsApp

===

Narasi:
“Assalamualaikum kk🙏🏻Kami dari layanan ID. Telegram Indonesia.
Selamat, nomor ponsel kakak yang terdaftar di TELEGRAM nya mendapatkan apresiasi dari kantor TELEGRAM
Berhak terima Bonus voucher pulsa gratis dari TELEGRAM senilai Rp.500.000.-
Dalam rangka meningkatkan pengguna aplikasi TELEGRAM
Yang sudah mencapai 500 jt+ pengguna.
Balas OK untuk SETUJU.
(No SN 02327400000593253875)”

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar informasi melalui pesan WhatsApp terkait dengan pemberian voucher pulsa gratis bagi para pengguna aplikasi Telegram. Pesan tersebut dikirimkan secara personal oleh sebuah nomor WhatsApp dengan mengatasnamakan bahwa nomor tersebut ialah nomor resmi dari pihak Telegram. Selain itu, nomor tersebut pula menggunakan foto profil berupa lambang aplikasi Telegram, sehingga hal tersebut membuat pihak yang dihubunginya lebih yakin atas kebenaran informasi yang disampaikan oleh pihak yang mengatasnamakan Telegram tersebut.

Lalu pada isi pesan yang dibagikan, nomor WhatsApp yang mengatasnamakan Telegram itupun memberitahukan bahwa pihak yang dihubunginya telah berhasil mendapatkan hadiah berupa voucher pulsa gratis senilai Rp500 ribu, dan voucher tersebut dapat diterima apabila pihak yang dihubungi membalas “OK”. Setelah pihak yang dihubungi sebelumnya telah membalas “OK”, maka pihak yang mengatasnamakan Telegram itupun akan membagikan sebuah link agar pihak yang dihubungi dapat melakukan konfirmasi dengan cara memasukkan kode verifikasi Telegram yang telah dikirimkan melalui SMS.

Melansir dari liputan6.com, Deputy Client Manager Edelman Indonesia (Perusahaan biro konsultansi pemasaran dan hubungan masyarakat) mewakili Telegram, Ricky Alexander mengatakan bahwa informasi terkait dengan pembagian voucher pulsa senilai Rp500 ribu dari pihak Telegram kepada pegguna ialah informasi yang tidak benar. Ia juga menegaskan bahwa pihak Telegram tidak akan approach kepada pengguna memalui WhatsApp seperti itu kalaupun pihak Telegram secara resmi membagikan voucher pulsa gratis bagi pengguna.

Selain itu, melansir dari turnbackhoax.id, informasi salah terkait Telegram membagikan voucher pulsa kepada penggunanya juga telah ada sebelumnya, baik itu dengan nominal yang sama, yaitu sebesar Rp500 ribu ataupun dengan nominal yang berbeda, misalnya seperti Rp300 ribu.

Lalu terkait dengan kode verifikasi yang dimiliki oleh pengguna Telegram juga sifatnya sangat rahasia, sehingga ketika pihak Telegram membagikan kode verifikasi tersebut kepada masing-masing akun, maka pengguna diimbau untuk tidak membagikan kode tersebut kepada siapapun. Melansir dari kompas.com, kode verifikasi yang terdiri dari lima angka tersebut adalah kode login ketika seseorang berusaha membuka akun Telegram orang lain dari perangkat lain, misalnya seperti dari komputer atau ponsel. Fungsi kode tersebut pun ialah untuk melakukan verifikasi keaslian dan keamanan pemilik akun saat membuka Telegram dari perangkat lain.

Biasanya para pelaku penipuan akan meminta kode tersebut untuk meretas akun Telegram orang lain agar dapat meretas nomor-nomor kontak kerabat yang tersimpan di dalam ponsel seseorang. Lalu pelaku penipuan akan memanfaatkan nomor kontak tersebut untuk melakukan aksi kejahatan, misalnya seperti meminjam uang kepada orang-orang yang ada pada kontak pemilik akun dengan mengatasnamakan pemilik akun yang sebelumnya telah diretas.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait Telegram Membagikan Voucher Pulsa Gratis Bagi Pengguna Senilai Rp 500 Ribu ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten palsu.

Referensi:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4683854/cek-fakta-hoaks-pihak-telegram-bagikan-pulsa-rp-500-ribu
https://turnbackhoax.id/2021/09/16/salah-hadiah-voucher-pulsa-dari-telegram-senilai-500-ribu-rupiah/
https://turnbackhoax.id/2021/07/17/salah-anda-berhak-terima-hadiah-cashback-voucher-pulsa-gratis-dari-telegram-senilai-300-000/
https://www.kompas.tv/article/218603/waspada-peretasan-telegram-via-whatsapp-untuk-penipuan-begini-modusnya?page=all

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian