[SALAH] Foto Laba-laba yang Sangat Berbisa di Pantai

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, laba-laba berjenis laba-laba trapdoor itu merupakan jenis laba-laba dengan bisa yang sangat ringan sehingga tidak berbahaya bagi manusia.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Facebook

====

Narasi:

“Bagi anda yang akan ke pantai. Sila berhati-hati dengan ini. Jangan cuba mengambilnya dengan menganggap ia adalah karya seni alam. Ia adalah labah-labah yang sangat berbisa. Jika ia menyengat anda anda akan mati dalam masa 5 minit.
#MasterADy”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Adi Nurrafie AGc mengunggah foto laba-laba dengan narasi bahwa hewan tersebut berbahaya dengan bisa yang mampu membunuh manusia dalam 5 menit. Unggahan itu mendapat atensi berupa 1.1 rb reaksi, 920 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 35 rb kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto unggahan itu merupakan foto yang diambil oleh seorang fotografer asal Singapura bernama Nicky Bay. Melalui utas di akun Twitter pribadinya (@singaporemacro), ia meluruskan informasi dari foto yang telah banyak beredar di internet dengan narasi yang menyesatkan. Laba-laba cyclocosmia yang termasuk dalam jenis laba-laba trapdoor itu adalah laba-laba yang sangat jinak dengan bisa yang sangat ringan sehingga tidak berbahaya bagi manusia. Selain itu, jenis laba-laba ini lebih suka bersembunyi dibandingkan dengan mengejar objek lain.

Mengutip dari AFP Fact Check, Profesor di Departemen Entomologi dan Nematologi University of California, Davis bernama Jason Bond menjelaskan, laba-laba cyclocosmia tidak dikategorikan sebagai hewan yang berbahaya bagi mahluk hidup berdasarkan riset yang telah banyak dilakukannya.

“My lab here at UC Davis has a lot of experience working with Cyclocosmia and other related trapdoor spider species; we do not consider them to pose any danger whatsoever, to us, or other humans. There are over 50,000 species of spiders; of those only 20 [to] 30 are ‘dangerous’ to humans.”

“Laboratorium saya di UC Davis memiliki banyak pengalaman bekerja dengan Cyclocosmia dan spesies laba-laba trapdoor terkait lainnya; kami tidak menganggap mereka menimbulkan bahaya apapun, bagi kami, atau manusia lain. Ada lebih dari 50.000 spesies laba-laba; hanya 20 [hingga] 30 dari mereka yang ‘berbahaya’ bagi manusia,” jelas Bond.

Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Facebook Adi Nurrafie AGc dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

====

Referensi:

https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9RC8TH-1

Editor: Bentang Febrylian