[SALAH] Jembatan Tumbang Nusa Palangkaraya Putus

Hasil Periksa Fakta Ani R

Informasi Palsu. Video jembatan putus yang ada pada video sebenarnya adalah Jembatan Kalanaman Katingan Tengah. Saat ini, Jembatan Kalanaman sudah diperbaiki sehingga bisa digunakan dengan normal.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====

SUMBER: Screenshot Story WhatsApp

https://archive.vn/fs3QY

=====

NARASI:
*Video menunjukkan sebuah jembatan putus

“Jembatan tumbang nusa palangkaraya putus”

=====

PENJELASAN:


Beredar postingan di story WhatsApp oleh akun bernama Bang Ullah Ketua, yang membagikan sebuah video sebuah jembatan putus. Dan dalam video tersebut diberikan keterangan bahwa kejadiannya menimpa Jembatan Tumbang Nusa Palangkaraya. Postingan dengan klaim bahwa Jembatan Tumbang Nusa putus diketahui diedarkan pertama oleh akun bernama Om Haji Norsidi di story WhatsApp.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, ditemukan bukti bahwa jembatan yang ada di video tersebut adalah Jembatan Kalanaman Katingan Tengah. Diklarifikasi langsung melalui akun instagram resmi Diskominfo Provinsi Kalimantan Tengah (@diskominfosantikkalteng), bahwa klaim Om Haji Norsidi adalah HOAX.

SetelahTim Kominfo (MMC) diterjunkan langsung ke lapangan diketahui bahwa, video jembatan yang tersebar di WhatsApp bukanlah Jembatan Tumbang Nusa Palangkaraya, namun Jembatan Kalanaman Katingan Tengah. Informasi terbaru menyatakan bahwa Jembatan Kalanaman sudah diperbaiki dan berfungsi dengan normal.

Berdasarkan data yang terkumpul klaim Om Haji Norsidi adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

=====
REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CWVDxUQJY41/?utm_medium=copy_link

https://www.inikalteng.com/pemprov-kalteng-pastikan-jembatan-tumbang-nusa-putus-hoaks/

=====

Penulis: Ani R
Editor: Bentang Febrylian