[SALAH] Foto Batu Nisan dengan Kode QR di Jepang

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Konteks yang salah. Faktanya salah satu foto batu nisan tersebut adalah foto image stock dan batu nisan dengan kode QR di Dorset, Inggris.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Instagram

https://s.id/IOimV

= = = = =

NARASI:

“Di Jepang sudah punya standar dan rata-rata mengetahui harga sewa tanah kuburan. Hal yang biasa untuk sebuah kuburan dengan fisik tampak yang dibuat bagus sana-sini. Tapi kalau ditambah dengan kemajuan teknologi, dengan alat canggih seperti QR Code, ini memang menarik. Tujuannya jelas, untuk mengenang almarhum yang telah meninggalkan kita terlebih dulu. Alat ini sudah mulai diperkenalkan sejak 2008. Bukan barang baru. Tapi ternyata kurang populer di Jepang hingga saat ini.
[…] (narasi dilanjutkan setelah bagian Referensi)

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar postingan dari akun Instagram mifase.jrw berupa foto dengan beberapa batu nisan yang tertera kode QR dengan keterangan bahwa adanya kuburan yang dilengkapi dengan kode QR di Jepang sejak tahun 2008 yang jika dipindai akan menunjukan gambar identitas, informasi, dan biografi singkat dari orang tersebut. Postingan tersebut disukai 1586 kali.

Berdasarkan penelurusan dan melakukan pemindaian terhadap ketiga kode QR pada foto-foto batu nisan tersebut, foto pertama mengarah ke sebuah artikel dari znet.com yang berjudul “A QR code on your gravestone? It’s dead serious” sedangkan kode QR lainnya mengarah ke sebuah website dari qr-memories.com yang berisikan biografi singkat tentang Timory Howard Tuttiett. QR Memories adalah layanan yang berpusat di Dorset, Inggris untuk menyediakan kode QR pada batu nisan yang menyediakan informasi pada websitenya.

Foto pertama pada postingan setelah ditelusuri selain kode QR yang hanya mengarah ke sebuah artikel berita tetapi juga foto yang disunting. Foto batu nisan yang serupa ditemukan pada website shutterstock dengan judul “Blank gravestone with other graves and trees in background. Old stone.” oleh vyasphoto, terlihat foto tersebut tidak terdapat kode QR. Kedua foto lainnya juga ditemukan pada website yang sama dengan keterangan bahwa batu nisan tersebut berada di Dorset, Inggris milik Timoty Tuttiett.

Penggunaan kode QR pada batu nisan di Jepang memang sudah dikenal sejak tahun 2008 yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang bernama Ishi no Koe (Voice of the Stone) yang memberikan layanan untuk memasangkan kode QR pada batu nisan yang jika dipindai akan menampilkan foto, video, dan informasi lainnya tentang orang yang sudah meninggal tersebut.

Melihat dari penjelasan tersebut, foto batu nisan dengan kode QR di Jepang adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://turnbackhoax.id/2021/09/28/salah-kuburan-dengan-kode-qr-di-jepang/

https://www.zdnet.com/article/a-qr-code-on-your-gravestone-its-dead-serious/

https://www.qr-memories.com/timothytuttiett

https://www.qr-memories.com/contact-us-0

https://www.shutterstock.com/image-photo/blank-gravestone-other-graves-trees-background-1117496669

https://www.shutterstock.com/editorial/image-editorial/company-offers-service-where-qr-code-barcodes-linking-to-tribute-website-are-placed-on-gravestones-dorset-britain-05-sep-2012-1866013b

https://www.indiatimes.com/wild-and-wacky/connect-with-the-dead-via-grave-barcode-39106.html

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1565/keliru-foto-foto-makam-di-jepang-telah-diberi-penanda-kode-batang

https://www.theatlantic.com/technology/archive/2014/05/qr-codes-for-the-dead/370901/

https://www.wired.com/2008/03/japanese-graves/

(Lanjutan narasi) […]
QR Code umumnya, 90 persen bisa dibaca oleh semua telepon genggam (HP) yang ada di Jepang.Fasilitas itu ada di kebanyakan HP Jepang.
.
.
Bagai mana menurut mu
.
.
.
Sumber Video Dari Youtube.com Ⓜ️↗️Follow @Artikelpedia untuk mendapatkan Informasi Menarik Lainnya • #MiFaseID Dan Jangan lupa Like, Coment, and Share.
. Dan Jangan Lupa Follow Akun Lainnya
. @Artikelplus @Artikelpedia _ #MiFaseID #Fasedunia #Artikelpedia #artikelplus #fasesehat #Rjw #uptodateinfo #wowfaktavideo #wowfakta #videoheboh #keren #cnnnews #infoheboh #indozone #dunia24jam #faktadanmitos #kamuharustau #kerenabis #infiafact #ngakakkocak”