[SALAH] Makan Sambil Berdiri Menyebabkan Makanan Akan Langsung Masuk Ke Usus

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Informasi tersebut keliru. Faktanya, makan sambil berdiri tidak menyebabkan makanan langsung memasuki usus. Makanan yang dicerna tetap melalui sistem pencernaan pada umumnya, makanan diproses dimulut- kerongkongan- lambung- usus.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi. 

= = =
Kategori: Konteks yang Salah 

= = =
Sumber: Instagram

https://bit.ly/3wKHSPK

Link Arsip
(https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/11/SALAH-Makan-Sambil-Berdiri-Menyebabkan-Makanan-Akan-Langsung-Masuk-Ke-Usus.pdf)

= = =
Narasi: 
“4 Alasan Untuk Tidak Makan Sambil Berdiri 

Mempengaruhi Pencernaan

Makanan akan langsung memasuki usus. Mengakibatkan meningkatnya tekanan di usus. 

Mendorong Makan Berlebih 

Proses pencernaan akan bekerja lebih cepat, otak tidak tahu perut sudah kenyang atau belum. 

Cepat Merasa Lapar 

Makan dalam posisi berdiri dapat membuat sistem pencernaan 30% lebih cepat. 

Kembung 

Usus hanya memiliki sedikit waktu untuk menyerap makanan, dan menghasilkan gas penyebab kembung.”
= = =
Penjelasan: 
Beredar sebuah informasi dalam bentuk flyer yang menjelaskan terkait 4 alasan untuk tidak makan sambil berdiri. Salah satunya, makan sambil berdirii diklaim akan menyebabkan makanan yang dimakan akan langsung memasuki usus dan mengakibatkan meningkatnya tekanan di usus. Informasi tersebut beredar di akun instagram @kimiafarmadepok.  

Setelah ditelusuri informasi tersebut keliru. Faktanya, makan sambil berdiri tidak menyebabkan makanan langsung masuk ke usus. Dilansir dari Alodokter, makan sambil berdiri memiliki efek bagi kondisi tubuh, salah satunya menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Kerja sistem pencernaan di dalam tubuh dipengaruhi oleh posisi tubuh ketika makan. Makan sambil berdiri dapat membuat lambung mengosongkan isi perut terlalu cepat. Hal ini membuat lambung tidak punya waktu banyak untuk memecah zat-zat dalam makanan, sehingga nutrisi yang dicerna dan diserap oleh usus menjadi tidak maksimal.

Selain itu, dilansir dari Kumparan, gangguan pencernaan paling sering dialami oleh orang yang gemar menyantap makanan sambil berdiri. Gangguan ini disebabkan karena partikel makanan tidak dapat dipecah dengan baik dan tetap tertahan di dalam usus.

Dengan begitu, makan sambil berdiri tidak menyebabkan makanan langsung memasuki usus. Makanan yang dicerna tetap melalui sistem pencernaan pada umumnya, makanan diproses dimulut- kerongkongan- lambung- usus. Namun, yang membedakan hanya proses di masing-masing sistem pencernaan. 

Berdasarkan seluruh referensi, klaim makan sambil berdiri menyebabkan makanan langsung masuk ke usus adalah hoaks dengan kategori konteks yang salah. 

= = = 
Referensi: 

https://www.alodokter.com/dampak-buruk-di-balik-kebiasan-makan-dan-minum-sambil-berdiri

https://kumparan.com/kumparanfood/5-efek-negatif-yang-terjadi-jika-sering-makan-sambil-berdiri-21dM5TYW8d

https://www.alodokter.com/memahami-sistem-pencernaan-manusia#:~:text=Proses%20pencernaan%20manusia%20dimulai%20dari,menjadi%20lunak%20dan%20mudah%20ditelan.

= = = 
Editor: Bentang Febrylian