[SALAH] Foto Pohon Tertua di Dunia Berumur 6000 Tahun di Tanzania, Afrika

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, foto cuitan itu adalah foto pohon Baobab yang bukan termasuk pohon tertua di dunia. Sejauh ini, pohon tertua yang pernah ada adalah pohon Methuselah (pinus longaeva) yang tumbuh di pegunungan White California dan berusia 5.062 tahun.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.vn/6LegV

====

Narasi:

“Oldest tree in the world. 6000 years. Tanzania. Africa.”

====

Penjelasan:
Akun Twitter Curiosity (@SciencePorn1) menngunggah cuitan berupa foto pohon dengan narasi yang mengklaim foto tersebut adalah pohon tertua di dunia yang berusia 6000 tahun dan berasal dari Tanzania. Cuitan tersebut mendapat atensi berupa 3.190 retweet, 20.421 suka, dan 204 balasan.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto cuitan tersebut telah beredar sejak tahun 2004 melalui unggahan forum blog berbahasa Rusia, yakni Yaplakal, tanpa adanya keterangan lokasi diambilnya foto pohon bernama baobab itu. Foto yang sama juga ditemukan pada unggahan situs imgur pada 3 September 2020 dengan narasi sebagai berikut.

“According to scientists, this baobab tree is about 6.000 years old. This makes it one of the oldest living things on earth. Located in Senegal (West Africa).”

Namun, penelusuran lebih lanjut menunjukkan bahwa pohon baobab bernama Panke tertua ditemukan di Zimbabwe dengan usia sekitar 2.450 tahun berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada jurnal Nature Plans. Selain itu, mengutip dari Live Science, pohon tertua di dunia yang pernah ditemukan adalah Methuselah atau pinus longaeva yang berusia 4.845 di Pengunungan White California. Para peneliti juga menemukan pohon yang sama di pegunungan tersebut dengan usia 5.062 tahun.

Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Curiosity (@SciencePorn1) dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

====

Referensi:

https://www.yaplakal.com/forum2/topic5905.html

https://www.nature.com/articles/d41586-018-05411-7#ref-CR1

https://www.livescience.com/29152-oldest-tree-in-world.html

Editor: Bentang Febrylian