[SALAH] Surat Pencairan Deposito Atas Nama Bank Indonesia

Surat palsu. Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Junanto Herdiawan menegaskan, surat-surat pengalihan deposito yang mengatasnamakan Bank Indonesia itu hoaks atau tidak benar.

======

[KATEGORI]: KONTEN TIRUAN

======

[SUMBER]: https://archive.fo/U7pOm

======

[PENJELASAN]:

Beredar di media sosial Facebook beberapa surat yang diklaim sebagai surat pencairan deposito dan pengalihan deposito dengan mencatut beberapa nama petinggi Bank Indonesia (BI). Dalam isi surat terdapat beberapa tanda tangan di atas materai dan terdapat logo BI di bagian kop surat, dan nominal yang tertera adalah ratusan juta.

Berdasarkan penelusuran, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Junanto Herdiawan menegaskan, surat-surat pengalihan deposito yang mengatasnamakan Bank Indonesia itu hoaks atau tidak benar.

“Ini hoaks,” kata Junanto saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (5/11/2021).

BI mengimbau kepada masyarakat untuk cermat ketika mendapatkan suatu informasi. Informasi terkait BI bisa dicek melalui website resmi Bank Indonesia. Sebelumnya, Kamis (4/11/2021), Bank Indonesia menginformasikan lewat akun media sosial Facebook bahwa terdapat penipuan dengan modus surat pengalihan deposito yang ditandatangani oleh Gubernur BI. Ada yang nominalnya sebesar Rp 740 juta.

Pihak BI mengimbau masyarakat agar tidak langsung senang ketika mendapat surat semacam itu, karena surat itu hoaks. Masyarakat perlu mengonfirmasi terlebih dahulu. Salah satu caranya bisa dengan menghubungi #Bicara131 untuk memastikan informasi seputar Bank Indonesia maupun kebanksentralan lainnya.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/06/131500665/-hoaks-surat-pengalihan-deposito-ratusan-juta-catut-bank-indonesia?page=all

https://www.facebook.com/BankIndonesiaOfficial/posts/252368730268017